TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Yoel Mulait dilantik sebagai Wakil Ketua I MRP

Majelis Rakyat Papua
Prosesi pengambilan sumpah jabatan Yoel Luiz Mulait sebagai Wakil Ketua I Majelis Rakyat Papua. - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal melantik Yoel Luiz Mulait sebagai Wakil Ketua I Majelis Rakyat Papua atau MRP di Kota Jayapura, Papua, Kamis (15/4/2021). Yoel Luiz Mulait menggantikan pejabat sebelumnya, mendiang Jimmy Mabel yang telah berpulang.

Dalam sambutan pelantikan itu, Klemen Tinal menyatakan keberadaan MRP sangat strategis, sehingga lembaga representasi kultural orang asli Papua itu harus mampu berfungsi secara efektif. “Sebagai lembaga kultur di Papua, MRP harus bisa menjalankan fungsinya secara maksimal,” kata Tinal di Gedung Negara, Kota Jayapura, Kamis.

Baca juga: MRP: Masyarakat adat Biak sudah 3 tahun tolak peluncuran roket LAPAN

Tinal menegaskan MRP adalah lembaga negara yang harus dihargai. Untuk itu, komunikasi dan koordinasi MRP dengan pemerintah harus ditingkatkan. “Jadi jangan berpikir seolah-olah MRP itu bagian yang terpisah dari NKRI. MRP mempunyai tugas membuat pagar, agar Papua tetap aman dan nyaman,” ujarnya.

Tinal juga meminta Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy untuk segera memproses Pergantian Antar Waktu (PAW) lima anggota MRP, untuk segera mengisi kekosongan lima anggota lembaga itu. PAW itu harus segera dilakukan, sebab keanggotaan MRP periode saat ini akan berakhir pada 2022.

“Pelantikan PAW ini menjadi satu titik balik untuk bekerja sebagai tim kerja, bukan lagi terpisah dengan Pemerintah Provinsi Papua  dan DPR Papua. Pemerintah Provinsi Papua, DPR Papua, dan MRP adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan, dengan tujuan supaya rakyat yang tinggal di Papua, baik orang asli Papua maupun non Papua, bisa menikmati pembangunan di daerah ini,” tutupnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us