Papua-Monokwari siapkan Rp30 miliar kembangkan bandara

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Manokwari, Jubi – Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, tahun ini menyiapkan anggaran Rp30 miliar untuk mengembangkan bandar udara (bandara) di daerah tersebut.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan di Manokwari, Senin (24/4/2017), mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk proses pembebasan lahan milik masyarakat yang rencananya akan dimanfaatkan untuk memperpanjang landasan pacu.

"Akan ada tim yang mengkaji berapa luas lahan yang bisa kita bebaskan melalui dana tersebut, mereka yang akan mengkaji dengan mengacu pada rencana induk pengembangan bandara," katanya.

Pengembangan tersebut akan dilakukan untuk memperpanjang sekitar 700 meter landasan pacu. Bupati ingin pesawat berbadan besar segera mendarat di bandara yang bernama asli Lodwic Mandacan tersebut.

Menurut bupati, pembebasan lahan akan dilakukan secara bertahap, menyesuaikan kekuatan anggaran daerah. Setelah pembebasan lahan dimulai, Kementerian Perhubungan diharap segera memulai proses pembangunan.

"Kalau tidak ada halangan, 29 April Batik Air sudah masuk, kita berharap maskapai lain dan yang lebih juga segera masuk sehingga harga tiket bersaing," katanya.

Loading...
;

Bupati menjelaskan, pada pembebasan lahan ini pemerintah daerah akan mengganti rugi lahan, bangunan, dan tanaman milik warga.

Menurutnya, masyarakat sudah bersedia membebaskan lahan mereka, meski masih ada sebagian yang belum bersedia.

"Beginilah pembangunan, ada yang bisa menerima ada juga yang belum, kita akan bicarakan secara baik agar pembangunan berjalan lancar," ujarnya.
 
Kepala Bidang Pengembangan Kereta Api dan Udara Dinas Perhubungan Papua Barat Max Sabarofek pada wawancara secara terpisah mengatakan, tahun ini pemerintah Papua Barat melanjutkan pembangunan terowongan Bandara tersebut.

Pihaknya terus memacu agar perpanjangan bandara di ibu kota provinsi tersebut berjalan lancar. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top