Follow our news chanel

Previous
Next

Parlemen PNG dengarkan laporan kemajuan referendum Bougainville

Menteri Urusan Bougainville PNG, Sir Puka Temu. - Post-Courier
Parlemen PNG dengarkan laporan kemajuan referendum Bougainville 1 i Papua
Menteri Urusan Bougainville PNG, Sir Puka Temu. – Post-Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Parlemen Papua Nugini secara resmi mendengarkan laporan hasil referendum Bougainville Desember 2019, dimana hingga 98% suara memilih untuk merdeka. Menteri Urusan Bougainville PNG, Sir Puka Temu, menyampaikan pernyataan kementerian di Parlemen pada Selasa (11/2/2020), dalam sidang parlemen.

Dia melaporkan ringkasan hasil, proses ratifikasi, dan program konsultasi yang sekarang sedang dikerjakan. Sir Puka juga memberikan laporan pekerjaan gugus tugas gabungan pasca-referendum kementeriannya setelah hasil pemungutan suara untuk referendum selesai, yang telah menangani beberapa hal yang diperkirakan akan terjadi setelah pemungutan suara dalam referendum selesai.

Ia juga menerangkan beberapa isu yang harus ditangani oleh pemerintah nasional sekarang, setelah mereka menyetujui hasil pemungutan suara referendum.

“Pemerintah Nasional dan Pemerintahan Otonom Bougainville diharapkan menyediakan panduan dalam prosesnya ke depan. Dengan melakukan hal itu, sangat penting untuk para pemimpin dari semua pihak memperhatikan dengan saksama, apa yang dipikirkan dan diharapkan orang-orang mengenai masa depan Bougainville,” tegasnya.

“Saya ingin menyatakan di sini saat ini, dari pandangan saya, hasil referendum berdampak pada kedua belah pihak secara berbeda; itu telah menyatukan Bougainville, tetapi – pada saat yang bersamaan – juga menyebabkan sebagian besar orang PNG yang terpelajar dan berpengetahuan, termasuk pemimpin-pemimpin, memiliki kecenderungan untuk negara yang bersatu.”

“Karena itu, sangat penting bagi pemerintah nasional untuk terus terlibat erat dengan Bougainville, dan memperhatikan masalah-masalah kepentingan nasional yang bergantung pada hasil referendum. Pemerintah Otonom Bougainville dan pemimpin-pemimpin Bougainville lainnya, juga bertanggung jawab kepada orang-orang Bougainville. Oleh karena itu, penting juga bagi mereka untuk menyaksikan dengan cermat pilihan-pilihan yang terbaik bagi pihak mereka dan Papua Nugini.”

Loading...
;

“Parlemen Nasional tidak diwajibkan menerima hasil referendum pertama, tetapi untuk menerima hasilnya, mempertimbangkan, dan mengambil keputusan akhir.” (Post-Courier)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top