HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Parpol mulai ancang-ancang jelang Pemilu Samoa 2021

Pemimpin 3 partai politik di Samoa: Presiden Samoa National Democratic Party (SNDP), Vui Masinamua Seinafolava, Ketua Samoa First, Unasa Iuni Sapolu, dan Presiden Tautua Samoa Party, Luagalau Dr. Wood Salele. - Samoa Observer/ Aufai Areta Areta
Pemimpin 3 partai politik di Samoa: Presiden Samoa National Democratic Party (SNDP), Vui Masinamua Seinafolava, Ketua Samoa First, Unasa Iuni Sapolu, dan Presiden Tautua Samoa Party, Luagalau Dr. Wood Salele. – Samoa Observer/ Aufai Areta Areta

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Partai-partai politik di Samoa masih menyembunyikan nama-nama caleg mereka dan berkampanye diam-diam menjelang pemilu 2021 negara itu.

Selain dari partai Human Rights Protection Party (HRPP) yang sekarang mendominasi pemerintah, ada tiga partai politik lainnya yang terdaftar: Partai Tautua Samoa, Partai Samoa First Political, dan Partai Samoa National Democratic Party (SNDP).

Dengan pemilu berikutnya dijadwalkan pada April 2021, pemimpin dari ketiga partai belum mengungkapkan taktik mereka, mengatakan para caleg akan mengumumkan sendiri pencalonannya ketika mereka siap.

Presiden Partai Tautua Samoa, Luagalau Dr. Wood Salele, berkata bekas partai oposisi itu tidak akan mengungkapkan kandidatnya pada saat ini.

“Beberapa calon belum mau mengungkapkan nama mereka, tetapi saya masih berkomunikasi dengan kandidat kita,” kata Luagalau. “Ada 49 kursi yang akan diisi di parlemen, dan kita perlu mengisi sebanyak kursi yang bisa kita capai, kita akan memenangkan semua 49 kursi. Kita punya beberapa caleg perempuan dan ini akan menjadi kompetisi yang sangat menarik.”

Partai itu saat ini memiliki dua perwakilan yang duduk di Parlemen, melawan 47 MP lainnya anggota HRPP.

Loading...
;

Ditanyai tentang kampanye, ia berkata setiap caleg telah melakukan kampanye masing-masing akibat pembatasan yang diberlakukan berdasarkan perintah darurat Covid-19.

Ia juga mendesak Kantor Komisi Pemilihan Umum untuk mencari cara lain untuk mendorong masyarakat Samoa agar datang dan mendaftarkan diri untuk terlibat dalam pemilu 2021 sementara berbagai larangan diberlakukan saat ini.

Pemimpin partai Samoa First Party, Unasa Iuni Sapolu, membenarkan bahwa partai tersebut memiliki sekitar 20 kandidat sejauh ini, belum termasuk kandidat di Savai’i.

Unasa mengatakan partai itu pun sudah melakukan persiapan sendiri untuk pemilu meskipun ada pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah saat ini.

Tidak seperti Tautua dan Samoa First, partai SNDP telah menunda kampanye sejak keadaan darurat (SOE) telah diterapkan.

Menanggapi pertanyaan dari Samoa Observer, Komisaris Kantor Pemilihan Umum, Faimalomatumua Mathew Lemisio berkata kantornya masih membuka pintu sejak SOE diterapkan bagi orang-orang yang ingin mendaftar.

Untuk sementara, pemilu samoa dijadwalkan April 2021, Perdana Menteri akan mengumumkan tanggal pastinya secara resmi pada waktunya. (Samoa Observer)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa