Follow our news chanel

Partai Papua Bersatu ajukan uji materi UU Otsus Pasal 28 ayat 1 ke MK

Partai Papua Bersatu ajukan uji materi UU Otsus Pasal 28 ayat 1 ke MK 1 i Papua
Pengurus partai Papua Bersatu setelah jumpa pers- Jubi/dok

Jayapura, Jubi – Partai lokal Papua Bersatu mengajukan uji materi undang-undang Otsus pasal 28 ayat 1 terkait pembentukan partai lokal di Mahkamah Konstitusi agar bisa lolos dalam tahap sebagai partai lokal di provinsi Papua.

Hal tersebut dijelaskan oleh kuasa hukum partai Papua Bersatu , Habel Rumbiak SH.SPN di Jayapura, Minggu (23/6/2019).

“ Partai lokal di Papua tidak bisa ikut dalam ajang pemilihan karena di dalam UU Otsus pasal 28 ayat 1 itu multi tafsir,” jelasnya.

Karena itu partai Papua Bersatu melakukan judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK). Permohonan sudah diajukan pada 29 Mei 2019 dan sudah diterima oleh MK untuk dilakukan uji materi.

Ketua Partai Papua Bersatu, Kris D.J Fonataba, menambahkan penyusunan anggota dan pengurus partai di tingkat kabupaten di Provinsi Papua dilakukan sesuai amandemen UUD 1945. “Pada 13 Oktober 2017, Partai Papua Bersatu sudah didaftarkan di KPU Provinsi Papua,” ujarnya.

Menurutnya dalam tahapan yang dilakukan di tingkat DPD, sudah sesuai Undang- undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan KPU sudah menerima . Tetapi partai ini belum mempunyai landasan hukum.

Untuk memperkuat landasan hukum di partai lokal, pihak DPRP pada 2016 sudah menyusun membuat 3 Perdasus. “Tetapi perdasus tersebut dikembalikan dengan catatan ditinjau kembali,”ujarnya.

Loading...
;

Karena itu tim Partai Papua Bersatu mengajukan uji materi UU Otsus pasal 28 di MK. |”Jika gugatan uji materi ini dikabulkan, maka Partai Papua bersatu layak untuk ikut dalam Pemilu,” jelasnya.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top