HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Partisipasi pemilih rendah, KPU Kotawaringin Timur diminta evaluasi

Pilpres
Foto ilustrasi pixabay.com
Partisipasi pemilih rendah, KPU Kotawaringin Timur diminta evaluasi 1 i Papua
Foto ilustrasi pixabay.com

Partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur hanya 47 persen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sampit, Jubi  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, diminta mengevaluasi rendahnya partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 lalu. Evaluasi dilakukan agar tidak terulang pada Pilkada 23 September 2020.

Partisipasi pemilih rendah, KPU Kotawaringin Timur diminta evaluasi 2 i Papua

“Evaluasi harus dilakukan untuk mengetahui apa penyebab partisipasi rendah saat pilkada. Harapannya, itu diantisipasi dan dicarikan solusinya sehingga tidak terjadi lagi,” kata anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Parimus di Sampit, Jumat, (6/12/2019).

Baca juga : Ini cara KPU Biak Numfor tingkatkan partisipasi pemilih Partisipasi pemilih harus ditingkatkan dalam Pemilu 2019

Tingkatkan partisipasi pemilih, KPU Dogiyai rekrut 55 relawan demokrasi

Parimus yang turut menghadiri peluncuran maskot Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur 2020 oleh KPU Kotawaringin Timur pada Kamis (5/12/2019) berharap  seremonial ini membuat gaung Pilkada semakin kuat sehingga mampu menjadi daya tarik bagi warga untuk menggunakan hak pilihnya.

Loading...
;

Tercatat Data KPU Kotawaringin Timur, saat Pilkada 2015 partisipasi pemilih di kabupaten ini sangat rendah, yakni hanya hanya 50,9 persen. “Sedangkan pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur hanya 47 persen,” kata Parimus menambahkan.

Saat Pemilu legislatif dan Pemilu presiden dan wakil presiden 17 April 2019, partisipasi pemilih cukup tinggi, yaitu 77 persen. Tingginya partisipasi pemilih ini diharapkan bisa dipertahankan.

Ia berharap partisipasi pemilih akan tinggi meski pesta demokrasi yang akan dihadapi kali ini adalah pemilihan kepala daerah.

Ketua KPU Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih , mengatakan terus gencar melakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat memeriksa daftar pemilih yang nantinya diumumkan untuk memastikan nama mereka sudah masuk dalam daftar pemilih.

“Pemutakhiran data pemilih biasanya tahapan paling panjang. Diharapkan peran aktif masyarakat untuk memastikan diri masuk dalam daftar pemilih,” kata Fathonah. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top