Follow our news chanel

Pasar tradisional di Kota Jayapura tidak ditutup

Pasar tradisional di Kota Jayapura tidak ditutup 1 i Papua
Pedagang di Pasar Hamadi saat melayani pembeli. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Beredar informasi di masyarakat akan ada penutupan Pasar Hamadi dan Pasar Youtefa untuk mencagah virus corona atau Covid 19. Hal ini membuat resah para pedagang di kedua pasar tradisional ini.

“Memang ada rencana pemerintah untuk menutup pasar, namun sampai dengan hari ini belum ada pemberitahuan resmi dari kepala daerah dalam hal ini Bapak Wali Kota,” ujar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L.N. Awi di Pasar Youtefa, Selasa (24/3/2020).

Selama melakukan sidak di Pasar Hamadi dan Pasar Youtefa, diakui Awi, pedagang selalu menanyakan kabar penutupan pasar.

“Beberapa waktu ini beredar kabar bohong atau hoaks bahwa pasar-pasar akan tutup. Sekali lagi saya Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura menyampaikan bahwa belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah untuk menutup pasar, dan surat pemberitahuan itu biasanya disosialisasikan dulu ke warga sebelum dilakukan penutupan,” ujar Awi.

Awi mengimbau kepada pedagang untuk beraktivitas seperti biasa, dan konsumen diminta memenuhi kebutuhan secara normal dan wajar. Pedagang dan konsumen juga diimbau, bagi yang sedang sakit flu dan batuk agar tidak ke pasar.

Loading...
;

Pada kesempatan ini, Awi menyampaikan akan melakukan penyemprotan pasar tradisional menggunakan cairan disinfektan, yang akan dilakukan pada pagi hari supaya tidak mengganggu aktivitas pedagang dan pembeli.

“Kalau kurang sehat, harapan kami agar pedagang tidak berjualan dan memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan. Begitu juga dengan konsumen kami, supaya seluruh kepentingan pasar tetap terjaga,” jelas Awi.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Hamadi, Mince Tabuni, mengaku kaget sekaligus resah saat mendengar akan ada penutupan pasar, apalagi barang dagangan yang dibelinya dalam jumlah banyak.

“Kalau pasar di tutup, baru saya punya sayur bagaimana ini, tidak laku dijual dan bisa busuk. Saya berharap tidak ada penutupan pasar karena sehari-hari mencari makan dari jualan sayur ini. Saya dengar dari teman-teman katanya pasar mau ditutup,” ujar Tabuni.

Pedagang lainnya, Nur Kholis, berharap tidak ada penutupan pasar karena sangat mengganggu aktivitas pedagang sekaligus perekonomiannya.

“Semoga saja pasar tidak tutup, kalau tutup mau jualan di mana coba. Katanya mau cegah virus corona makanya pasar mau ditutup,” jelas Nu Kholis. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top