HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pasca banjir, sampah masih menumpuk di Danau Sentani

Tumpukan sampah di danau sentani yang belum dibersihkan. Jubi / Engel Wally.
Pasca banjir, sampah masih menumpuk di Danau Sentani 1 i Papua
Tumpukan sampah di danau sentani yang belum dibersihkan. Jubi / Engel Wally.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dampak banjir bandang 16 Maret lalu, tidak hanya meluluh lantahkan Kota Sentani. Tetapi juga membuat Danau Sentani yang luasannya mencapai satu lapangan sepak bola, dipenuhi dengan sampah.

Padahal, sudah sebulan lebih pasca banjir terjadi. Namun, sampah-sampah yang terdiri dari bongkahan kayu, pohon, bangkai binatang, dan perabot-perabot rumah tangga hingga saat ini belum dibersihkan.

Pasca banjir, sampah masih menumpuk di Danau Sentani 2 i Papua

Salah satu warga di Kampung Yahim Kelurahan Dobonsolo, Rudi Felle mengatakan, sampah-sampah yang mengapung ini membuat air di Danau Sentani sudah tidak layak lagi digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Memang debet air belum begitu turun secara drastis, tetapi untuk kebutuhan hari-hari seperti mandi dan cuci, jelas tidak bisa karena bau yang sangat menyengat dari tumpukan sampah tersebut,” ungkapnya Sabtu (20/4/2019).

Rudi mengaku sudah menyampaikan kepada aparat kampung agar sampah dibersihkan. Tetapi hingga saat ini sampah tersebut masih saja mengapung. Ia juga mengajak masyarakat sekitar untuk peka dan membersihkan sampah secara swadaya.

“Semua masyarakat dalam posisi terkena dampak bencana sehingga persoalan seperti ini harusnya muncul dari kesepakatan bersama. Kalau hanya tunggu pemerintah saja, tidak akan selesai, harus ada inisiatif dari kita sebagai masyarakat yang tinggal di sekitar sini,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Kampung Yahim, Yusak Pangkali saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten untuk memberi fasilitas pendukung guna membersihakn tumpukan sampah.

“Kita tunggu debit air yang sudah mulai turun, paling bagus dilakukan ketika dasar dermaga ini sudah mulai kering sehingga kendaraan pengangkut bisa lebih dekat dengan dermaga untuk mengangkut sampah. Koordinasi sudah kami lakukan dengan BPBD Kabupaten,” jelasnya. (*)

Editor       : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa