HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pasca-erupsi Gunung Lombenben, masyarakat Ambae diminta pulang

Kepala Suku John Tarilama. - DVU/Godwin Ligo
Pasca-erupsi Gunung Lombenben, masyarakat Ambae diminta pulang 1 i Papua
Kepala Suku John Tarilama. – DVU/Godwin Ligo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Kepala Suku John Tarilama telah mendesak orang-orang Ambae yang menetap di Port Vila untuk tidak benar-benar meninggalkan tanah kelahiran mereka. Kepala Suku Tarilama mengungkapkan dorongan itu setelah menghabiskan beberapa minggu kembali di kampungnya, Tavolavola, setelah aktivitas vulkanik Manaro Voui puncak di atas Gunung Lombenben, yang menyebabkan evakuasi penduduk Ambae untuk mencari tempat tinggal sementara di Maewo, Santo, dan Port Vila.

Kepala suku terkenal itu berkata Pulau Ambae sudah kembali pulih dan tanaman di mana-mana telah kembali menghijau.

Pasca-erupsi Gunung Lombenben, masyarakat Ambae diminta pulang 2 i Papua

“Sayuran, buah-buahan, dan segala jenis tanaman sudah bermunculan dan menghijau di mana-mana, lebih hijau daripada yang pernah terlihat sebelumnya.”

“Tanah menjadi subur, diperkaya oleh abu vulkanik yang jatuh, ini luar biasa.”

“Tumbuhan, tanaman, dan buah-buahan yang tidak pernah tumbuh di sekeliling rumah-rumah sebelumnya, sekarang tumbuh di mana-mana, ini luar biasa,” tutur Tarilama.

Namun, Tarilama berkata dia merasa sedih karena jumlah orang di desa-desa yang dia kunjungi lebih sedikit dari sebelumnya. Ini membuat ia heran, mengapa orang-orang Ambae belum kembali ke kampungnya untuk membangun kembali rumah-rumah, kebun, ternak, dan bekerja di perkebunan kelapa mereka.

Loading...
;

“Orang-orang Ambae harus tahu bahwa ada rumah di Ambae adalah tempat yang lebih baik daripada di sini di Port Vila.”

“Mereka harus berusaha untuk mengunjungi tanah kelahiran mereka, membangun kembali rumah mereka, bekerja di kebun dan perkebunan kelapa, memulai kembali ternak mereka, karena ada lebih banyak potensi ekonomi di pulau itu daripada sebelumnya,” tegas Tarilama.

Dia mendesak lembaga-lembaga pemerintah dan pihak berwenang di pulau untuk merumuskan suatu rencana yang akan memotivasi orang-orang Ambae yang tinggal di Port Vila, Santo, Maewo, dan di tempat lainnya agar kembali ke kampung halaman mereka dan membangun kembali kehidupan mereka di sana.

“Kita tahu pengalaman menyakitkan yang kita alami selama aktivitas gunung berapi baru-baru ini; namun, saya ingin mendorong masyarakat kita di Ambae untuk kembali pulang ke tanah mereka dengan harapan untuk membangun kembali ekonomi kita di tanah kelahiran kita,” tambah Tarilama. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa