Follow our news chanel

Pasca Rusuh, bandara Wamena tetap beroperasi

Pasca Rusuh, bandara Wamena tetap beroperasi 1 i Papua
Suasana di Bandara Wamena pasca kejadian, Selasa (24/9/2019)-Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Wamena, Jubi – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) kelas I Wamena memastikan operasional bandara Wamena tetap tetap dibuka untuk seluruh penerbangan, pasca kejadian kerusuhan Senin (23/9/2019).

Pelaksana harian kepala UPBU Kelas I Wamena, Fredy Halattu mengatakan, operasional bandara normal sejak Selasa pagi (24/9/2019), sesuai hasil kesepakatan rapat bersama Wakapolda, Dandim, Danyon, Kapolres, bupati, wakil bupati untuk operasional bandara harus dibuka.

Namun kata Fredy Halattu, dengan jaminan keamanan terkait dengan situasi di bandara.

“Untuk sementara ini kita sudah mendapatkan bantuan pengamanan dari Brimob 39 personel, khusus untuk pengamanan bandara, ditambah dari Polsek KP3 Udara, Kodim dan Batalyon, katanya kepada wartawan di kantur UPBU Kelas I Wamena,” Selasa (24/9/2019).

Sejak dibuka kembali, penerbangan untuk semua rute kembali normal dari bandara tujuan dan asal tetap dilayani.

“Kami belum tahu alasan belum ada pesawat yang masuk hingga pukul 09.30 WP, yang pasti kami tetap melayani semua penerbangan,” katanya.

Hingga kini pihak bandara tetap melayani untuk penerbangan darurat baik untuk evakuasi korban luka-luka maupun meninggal dunia pasca kejadian, dimana hingga kini sudah ada 20 jenazah.

Loading...
;

“Persiapannya belum tahu, tetapi baru kooridinasi dengan pihak AU, karena paling tidak pengiriman lewat Hercules atau pesawat kargo yang beroperasi,” katanya.

Meski begitu, ia memastikan pesawat untuk penerbangan sipil akan tetap masuk di Bandara Wamena.“Trigana tadi pagi sudah buka check in di Sentani, cuma sampai saat ini (pukul 10.00 WIT) belum ada pergerakan, “katanya.

Pada Senin (23/9/2019) ia menjelaskan, awalnya kondisi keamanan di Bandara Wamena tidak tahu persis karena informasi yang diterima dadakan dan operasional normal dilakukan.

Pada saat pukul 09.00 WP ke atas, pihak bandara mendengar info terkait dengan akan dilakukannya aksi demo dilakukan anak sekolah. Perkembangan terus berlanjut, pihaknya melihat situasi kurang kondusif dengan terjadi beberapa titik api yang sudah kami lihat di kota, maka pihaknya ambil antisipasi hal-hal sangat merugikan masyarakat banyak terkait dengan operasional penerbangan.

“Maka dari itu jam 11 siang kami melakukan close bandara untuk semua penerbangan sipil baik penumpang maupun kargo. Kemarin hanya ada permintaan untuk pendropingan personel Brimob dari Jayapura dua flight kita buka, yang tutup hanya penerbangan sipil, untuk penerbangan militer tetap akan kita layani untuk bantu pengamanan yang akan masuk ke Wamena,” katanya.

Ia juga mengaku jika Senin ada sejumlah penerbangan yang batal terbang dari Wamena yaitu Wings Air satu flight, Trigana dua flight. Untuk penerbangan kargo, Trigana dari empat pesawat hanya terbang satu flight rata-rata empat sampai lima flight per hari dikali empat pesawat.

“Jayawijaya Dirgantara ada dua pesawat tertunda tiga flight, kemudian Deraya Air tertunda tiga flight, “katanya.
Fredy Halattu menambahkan pihak bandara juga menampung 100-an orang pengungsi di terminal bandara dan menyediakan bahan makanan sebisanya.

“Kami juga siapkan bahan makanan bagi pengungsi sebisa kami, hanya saja ketika jam operasional bandara dimulai, pengungsi ini harus mengungsi dulu keluar dan jika sudah tutup baru bisa kembali berlindung,” katanya.

Wakapolda Papua, Brigjen Polisi Yakobus Marjuki saat menemui warga yang sedang berjaga-jaga di sekitar Kota Wamena mengatakan, untuk mengevakuasi para korban baik luka-luka maupun meninggal, polisi telah menyiapkan pesawat ditambah dengan pesawat Hercules dari TNI AU.

“Kita sudah koordinasi dan pesawat sudah siap, untuk evakuasi korban luka-luka maupun meninggal untuk dibawa ke Jayapura selanjutnya ke daerah tujuan lainnya,” kata Wakapolda. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top