Pasca-Topan Yutu, Saipan mulai pembersihan kota

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Saipan, Jubi – Keadaan telah membaik di Kepulauan Mariana Utara (CNMI), setelah Topan Yutu lewat, yang berarti semua larangan terkait cuaca buruk sudah resmi diangkat.

Pihak berwenang telah membenarkan adanya satu korban tewas, seorang wanita berusia 44 tahun, meninggal dunia ketika bangunan tempat ia berlindung ambruk di atasnya saat topan menyerang.

Lebih dari 800 orang sedang dirawat di beberapa tempat penampungan di Saipan dan Tinian, dengan lebih banyak lagi diharapkan akan sampai dalam beberapa hari mendatang.

Koresponden Radio New Zealand di Saipan, Mark Rabago, mengatakan listrik masih padam dan persediaan air dan makanan juga berkurang, namun mencari tempat berlindung adalah prioritas utama untuk saat ini.

“Hanya atap di atas kepala mereka untuk tidur di malam hari. Mungkin kita akan memerlukan tenda dari FEMA itu lagi, karena banyaknya jumlah orang yang kehilangan rumah mereka,” kata Rabago.

“Orang-orang pergi untuk mencari perlindungan di hotel atau pusat evakuasi. Ketika mereka kembali ke rumah-rumah mereka, tidak ada apa-apa lagi, semuanya terserak ke mana-mana, semuanya berantakan, semuanya basah. Mereka hanya bisa menyelamatkan apa yang masih bisa diselamatkan, tetapi pada dasarnya, rumah-rumah itu lenyap.”

Loading...
;

Mark Rabago melaporkan bahwa kehancuran yang disebabkan oleh Yutu ini, bahkan lebih memilukan, karena ia menghancurkan semua yang baru saja dibangun kembali oleh masyarakat setelah Topan Soudelor pada tahun 2015.

Upaya pembersihan di Mariana sudah mulai berjalan dengan baik, tetapi mereka masih terhambat oleh banyaknya puing sisa topan berserakan di jalan-jalan.

Bandara-bandara juga rusak parah akibat topan, pihak berwenang sedang bergegas membersihkan landasan pacu agar bantuan dan personel dapat didatangkan.

Pelabuhan-pelabuhan laut juga ditutup sampai mereka aman untuk digunakan. (RNZI)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top