Pascakontak senjata, Polda Papua nyatakan situasi Yahukimo kondusif

Papua
Anggota polisi yang tertembak di Yahukimo saat tiba di Jayapura, Minggu (11/7/2021) - Dok. Polda Papua

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah atau Polda Papua menyatakan situasi di Kabupaten Yahukimo Papua kondusif pascakontak senjata antara personil gabungan TNI-Polri dengan kelompok bersenjata di sana, Sabtu (10/7/2021) petang.

Baku tembak yang melibatkan TNI-Polri dengan kelompok bersenjata, terjadi di Kali El, Kampung Mosom Dua, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo.

“Situasi di Yahukimo secara kumulatif cukup kondusif. Namun rekan rekan kami masih melakukan pemetaan, pendalaman dan penyisiran di beberapa tempat di Yahukimo,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, hingga kini aparat keamanan di Yahukimo masih mengejar kelompok bersenjata, yang terlibat baku tembak dengan tim gabungan, akhir pekan lalu.

Kelompok ini diduga pimpinan Tendius Gwijangge. Mereka juga diduga sebagai pelaku penembakan di Kampung Bingki, Distrik Seredala, 24 Juni 2021 silam, yang menyebabkan empat warga tewas dan satu lainnya terluka.

“Kelompok ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Rekan-rekan kami masih melakukan pengejaran di beberapa titik untuk menangkap pelaku,” ujarnya.

Katanya, dalam kontak senjata dengan kelompok bersenjata akhir pekan lalu, seorang anggota polisi, Brigadir Satu (Briptu) Kenny Carlos Julian Kipuw (27 tahun) tertembak di bagian perut.

Loading...
;

Korban telah dievakuasi dari Yahukimo ke Rumah Sakit Bhayangkara, di Kotaraja, Kota Jayapura untuk perawatan medis.

“Kondisinya semakin membaik. Semoga segera pulih dan beraktivitas seperti biasa,” ucapnya.

Sehari sebelumnya, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, kondisi anggota polisi yang tertembak mulai membaik setelah menjalani operasi.

“Operasi dilakukan untuk mengeluarkan tiga proyektil serpihan kecil yang masuk ke dalam perut korban,” kata Irjen Pol Mathius Fakhiri, Senin (12/7/2021).

Katanya, korban juga mendapat transfusi darah dua kantong, dan kini kondisinya HB-nya telah normal. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top