TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Karantina Papua
Ilustrasi, karantina Covid-19 - Jubi/LeonArt

Pasien Covid-19 sedang karantina di hotel bebas menikmati bakso keliling

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi –  Netizen diramaikan oleh munculnya foto seoarang pasien sedang diisolasi di sebuah hotel di Jakarta justru sedang makan bakso dari pedagang keliling. Foto tentang pasien Covid-19 itu akun Twitter @areajulid. Dalam foto tersebut, terlihat satu pedagang menggunakan gerobak dan beberapa orang yang sedang makan.

Foto memperlihatkan beberapa orang sedang makan di sebuah area yang dekat dengan jalan umum dibatasi pagar. Sementara pedagang bakso tersebut berada di luar pagar.

Baca juga : Tiga anggota dewan Buton Tengah positif Covid-19 menghilang 

Pesepeda berpotensi sebarkan Covid-19, ini penjelasan dinas kesehatan

Tiga jamaah sholat tarawih di Makassar positif Covid-19

Foto itu disertai tulisan yang menyatakan bahwa mereka merupakan pasien Covid-19 yang makan bakso dari penjual keliling.

“Masalahnya itu abangnya tau gak kalo yang beli pasien Covid semua? Kasian pelanggan selanjutnya yang beli, alat makannya kan bekas pasien Covid-19 dicuci gak pake air ngalir,” tulis di foto akun @areajulid. Seorang pengguna Twitter lainnya memberikan komentar bahwa hotel itu berada di kawasan Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat Dedi Sumardi mengatakan bakal memeriksa foto diduga pasien Covid-19 jajan ke pedagang bakso keliling saat isolasi di sebuah hotel.

“Saya baru dapat info. Ntar saya tugaskan staf untuk melakukan pengecekan,” kata Dedi melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia, Selasa (27/7/2021).

Sedangkan Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan hal serupa. Ia menyebut, akan memberikan teguran kepada pihak hotel jika informasi di media sosial tersebut benar.

“Foto ini akan kita jadikan pegangan untuk menegur ke hotelnya supaya jangan terulang lagi,” kata Tamo.

Tamo mengatakan setiap hotel seharusnya memiliki Satgas Covid-19. Ia mempertanyakan pengawasan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 hotel tersebut. “Kalau sampai keluar pagar kita tindak hotelnya karena sudah melanggar. Karena kalau lihat fotonya mereka kenapa beli dari pedagang luar. Pengawasan dari pengelola hotel gimana,” katanya. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol