Pasien dalam pengawasan di Manokwari meninggal, diketahui usai perjalanan dari Purwokerto

papua
Ilustrasi, pixabay.com
Pasien dalam pengawasan di Manokwari meninggal, diketahui usai perjalanan dari Purwokerto 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Seorang pria pasien dalam pengawasan di ruang isolasi rumah sakit umum daerah Manokwari telah meninggal dunia pada Rabu awal bulan April kemarin. Pasien itu sebelumnya dirawat selama delapan hari dan diketahui sebelumnya usai perjalanan dari Purwokerto Jawa Tengah.

“Pasien tersebut meninggal dunia dalam status PDP karena memiliki riwayat perjalanan dari Purwokerto, Jateng,” kata juru bicara Gugus tugas Covid-19 Papua Barat, dr.Arnold Tiniap, Kamis, (2/4/2020) kemarin.

Baca juga : Korban meninggal akibat Covid-19 di Kota Tangerang bertambah

RSUD Merauke rawat suami-isteri PDP covid-19

ODP dan PDP Covid-19 berkurang di Kota Sorong

Selain itu Tiniap mengatakan pasien tersebut sebenarnya telah memiliki keluhan empat penyakit bawaan atau komorbid dalam istilah kedokteran. Yakni hipertensi, gangguan ginjal dan hati, serta tumor di mulut.

Loading...
;

“Karena ada riwayat perjalanan dari Purwokerto sekira dua pekan lalu, sehingga pasien dikategorikan sebagai PDP,” ujar Tiniap menambahkan.

Ia mengakui selama perawatan di RSUD, tidak dilakukan tindakan pengambilan sampel untuk proses uji Swap (Swap test) hingga pasien tersebut meninggal dunia. Pasien hanya diperiksa dengan Rapid Test yang hasilnya negatif. Tiniap beralasan keterbatasan alat menjadi kendala untuk uji swap.

“Karena keterbatasan alat, maka tim medis RSUD Manokwari baru melakukan pemeriksaan dengan bantuan Rapid Test milik Polda Papua Barat. Hasilnya negatif,” ujar Tiniap menjelaskan.

Pasien meninggal selanjutnya dikembalikan ke keluarga namun dihimbau untuk tetap waspada dalam proses penanganan hingga dimakamkan. Menurut  Tiniap, tidak ada penanganan khusus untuk pasien meninggal tersebut hingga diserahkan ke pihak keluarga.

“Namun, untuk memantau kondisi selanjutnya di lingkungan orang-orang terdekat pasien, akan dilakukan oleh tim gugus tugas kabupaten Manokwari,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol .

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top