Follow our news chanel

Previous
Next

Pasien positif Covid-19 tertular saat ke luar daerah

Papua
Ilustrasi pasien - Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kulon Progo, JubiPemudik dari Tangerang yang tinggal di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dinyatakan positif Covid-19 sehingga total kasus di wilayah itu menjadi 11 orang.  Sedangkan pada Jumat (5/6/2020) pekan lalu sebanyak 10 pasien positif Covid-19 di daerah setempat sudah sembuh.

“Di Kabupaten Kulon Progo tambah satu pasien status atau positif Kulon Progo yang ke-11, yakni laki laki, 33 tahun, alamat Temon. Pasien merupakan pemudik dari Tangerang, dan saat ini dirawat di RSUD Wates mulai 5 Juni 2020 malam,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kulon Progo, Baning Rahayujati, Minggu, (7/6/2020).

Baca juga : Pasien positif Covid-19 di Jayawijaya bertambah empat

Pasien positif Covid-19 di daerah ini berusia anak-anak

Kabar baik dari Papua Barat, tiga pasien positif covid-19 telah sembuh

Ia mengatakan belum melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang telah berkomunikasi dengan pasien. Namun, Baning mengharapkan kepada warga di Kecamatan Temon yang melakukan kontak langsung dengan pasien melapor ke puskesmas terdekat.

Loading...
;

“Kami meminta melapor ke puskesmas terdekat. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Baning menambahkan.

Juru bicara RSUD Wates Penanganan Covid-19, dr Albertus Sunuwata Triprasetya, membenarkan ada satu pasien positif Covid-19 dan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Wates. Pasien positif COVID-19 merupakan pemudik, memiliki KTP warga Temon kerja di Tangerang.

“Di RSUD Wates yang dirawat di ruang isolasi, yakni satu confirm, dan satu PDP,” kata Triprasetya.

Sedangkan di Provinsi Riau mengalami penambahan satu pasien positif Covid-19 dialami seorang warga asal Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Yang bersangkutan terinfeksi saat sedang melancong.

“Pasien 118 positif Covid-19 di Riau adalah tuan HW, 46 tahun, yang merupakan warga Kabupaten Natuna yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau,” kata Juru Bicara Covid-19 Riau, dr. Indra Yovi Sp.P(K).

Pasien tersebut kini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru. Pasien HW diketahui terinfeksi Covid-19 hasil dari tes Polymerase Chain Reaction (PCR)  mandiri untuk keperluan melakukan perjalanan pulang ke Natuna.

Menurut Indra, pasien tersebut memiliki perjalanan cukup panjang ke Riau, sempat plesiran ke tempat wisata Sungai Hijau, di Kabupaten Kampar pada 25 Mei. Pasien tersebut juga dua kali berkunjung ke destinasi wisata tersebut, yakni pada 25 Mei dan 28 Mei.

“Kemudian (pasien) mengalami demam dan dirawat di RS Eka Hospital,” kata Indra menjelaskan.

Dinas kesehatan segera menelusuri  atau tracing contact dengan mengambil spesimen untuk tes swab PCR terhadap keluarga pasien HW, dan juga orang-orang yang kontak langsung dengannya.

“Ke mana saja perjalanan pasien selama ini,” katanya.

Tercatat Total kasus positif COVID-19 di Riau kini ada 118 kasus positif dengan rincian 11 pasien dirawat, 101 sehat dan sudah dipulangkan, serta enam meninggal dunia. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top