HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pasien sembuh Covid-19 di Mimika tetap dipantau

Ilustrasi, karantina Covid-19 – Jubi/LeonArt
Pasien sembuh Covid-19 di Mimika tetap dipantau 1 i Papua
Ilustrasi, karantina COVID-19 – Jubi/LeonArt

Namun perkembangan kondisi kesehatan mereka tetap dalam pemantauan oleh Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika maupun tim medis RSUD Mimika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Dua pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, telah diizinkan pulang ke rumah.  Namun perkembangan kondisi kesehatan mereka tetap dalam pemantauan oleh Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika maupun tim medis RSUD Mimika.

Pasien sembuh Covid-19 di Mimika tetap dipantau 2 i Papua

“Mereka sudah diizinkan pulang. Hanya saja catatannya mereka tetap melakukan isolasi mandiri di rumah dan tetap akan dipantau terus oleh Tim Gugus maupun tim kesehatan RSUD Mimika sampai mereka benar-benar pulih kembali kondisi kesehatannya,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, Kamis, (9/4/2020).

Baca juga : RSUD Wamena akan lengkapi ventilator ruang isolasi pasien corona

Pasien corona di Balikpapan dan Batam meninggal

Sampel darah dari Merauke dikirim ke Balitbangkes Papua, jumlah pasien corona dan terduga masih enam

Loading...
;

Kedua pasien tersebut, yakni pasien 01 dan pasien 02, dinyatakan sembuh setelah pemeriksaan sampel swab mereka untuk kedua kalinya menggunakan metode PCR oleh Laboratorium Litbangkes Papua di Jayapura pada Rabu (8/4/2020).

“Mereka dinyatakan sudah negatif COVID-19. Keduanya dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu 29 Maret lalu,” kata Ubra menambahkan.

Pasien 01 diduga terinfeksi Covid-19 saat berada di Jakarta ketika mengikuti sebuah kegiatan yang juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sementara pasien 02 diduga terinfeksi saat melayat ke rumah duka dan menghadiri acara pemakaman salah satu tokoh agama di Timika yang meninggal pada 16 Maret 2020.

Tokoh agama yang meninggal tersebut merupakan salah satu peserta kegiatan keagamaan di Lembang, Jawa Barat, dan diketahui melakukan kontak erat dengan peserta lainnya yang dinyatakan positif Covid-19.

Reynold mengatakan hampir seluruh infeksi Covid-19 di Mimika sekarang ini berhubungan erat dengan Kluster Lembang, Jawa Barat.”Sampai kemarin Rabu, (8/4/2020) sore, jumlah data sementara hasil tracing contact yang sudah kami lakukan sebanyak 336 kontak erat,” kata Ubra menjelaskan.

Dari jumlah itu, Kluster Jakarta hanya 34 kontak, sedangkan Kluster Lembang sebanyak 302 kontak, sedangkan Dinas kesehatan masih terus melakukan penelusuran kontak yang lain.

Sembilan orang yang melakukan kontak erat dengan pasien 01, terdapat empat orang di antaranya berstatus orang tanpa gejala dan lima orang yang melakukan kontak erat dengan pasien 02 yang berstatus orang dalam pemantauan juga telah dinyatakan sehat.Hingga kini jumlah pasien terinfeksi Covid-19 di Mimika sebanyak 13 orang, tiga orang di antaranya telah meninggal dunia, terdiri atas satu kasus kematian di RS Tembagapura dan dua kasus kematian di RSUD Mimika.

Seorang PDP yang meninggal dunia, yaitu pasien 05, berinisial AR, meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) siang di RSUD Mimika dan jenazahnya telah dimakamkan di TPU Kelurahan Kamoro Jaya SP1, Distrik Wania.

“Jumlah PDP secara keseluruhan di Mimika sebanyak 51, orang dalam pemantauan sebanyak 95 orang dan orang tanpa gejala sebanyak 151 orang,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.