HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pasien terduga corona di Merauke membaik, 10 anggota keluarga dalam ODP tenaga medis

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita, memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita, memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita, menjelaskan saat ini kondisi pasien laki-laki berusia 46 tahun,  terduga virus corona yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat,  sudah berangsur membaik. Demam mulai turun, batuk dan pilek mulai berkurang.

Hal itu disampaikan Nevil saat ditemui sejumlah wartawan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Senin (16/3/2020). Dikatakan, pihaknya masih menyiapkan specimen untuk pengiriman sampel darah terduga corona yang akan dikirim besok pagi  menggunakan pesawat Garuda.

“Memang kemarin kita gagal mengirim lantaran belum adanya dokumen MSDS yang perlu disiapkan pihak rumah sakit. Ya, sedang dipersiapkan dan mudah-mudahan besok dapat dikirim,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, belum bisa dipastikan hasilnya, karena sampel baru akan dikirim besok ke Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kemeterian Kesehatan di Jakarta.

Dijelaskan, meskipun kondisi pasien berangsur membaik, namun kunjungan keluarga tak diperkenankan. Hanya petugas medis yang telah ditunjuk untuk mengawasi selama dalam ruangan VIP.

“Memang status pasien itu dalam pengawasan atau PDP,” ujarnya.

Loading...
;

Sedangkan keluarganya  yang  diidentifikasi kontak dengan pasien masuk orang dalam pemantauan (ODP) atau disebut karantina mandiri. Jumlahnya lebih dari 10 orang.

“Tentu, selain isteri, juga anak-anaknya serta keluarga,” katanya.

“Memang ada petugas puskesmas datang ke rumah mereka untuk melakukan pengecekan sekaligus memberikan komunikasi resiko. Jika ada yang mengalami gejala batuk pilek, harus cepat diambil langkah,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan, menambahkan tadi pagi berlangsung rapat melibatkan sejumlah instansi terkait.

“Ada beberapa hal yang dibicarakan, terkait pencegahan terhadap virus corona. Nanti pembahasan dilanjutkan sore ini untuk diambil langkah antisipasi penanganan lebih lanjut,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa