Follow our news chanel

Previous
Next

Pasokan pupuk bersubsidi di Kota Jayapura mencukupi

sawah baru , lahan baru, papua, dana kampung, dana desa
Ilustrasi lahan pertanian di Jalan Baru Pasar Youtefa . - Jubi/Ramah
Pasokan pupuk bersubsidi di Kota Jayapura mencukupi 1 i Papua
Salah satu petani di Jalan Baru Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua, sedang menggarap lahan pertanian miliknya. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Papua, Jean Hendrik Rollo mengatakan pasokan pupuk bersubsidi di Kota Jayapura selalu mencukupi. Rollo menyatakan pupuk bersubsidi di Kota Jayapura disalurkan sesuai dengan proyeksi kebutuhan pupuk yang diajukan setiap kelompok tani di Kota Jayapura, sehingga tersalur merata.

“Mekanisme pembagian pupuk bersubsidi sudah jelas. Semua berdasarkan kelompok, bukan perorangan,” kata Rollo di Kantor Wali Kota, Kamis (4/4/19).

Kebutuhan pupuk subsidi di Kota Jayapura, lanjut Rollo, tergantung dari luas tanam petani, dan ketersediaan pupuk bersubsidi di distributor.”Petani sendiri yang menebus pupuk bersubsidi ke pengencer atau toko, dan pupuknya dibawa sendiri oleh petani bersangkutan, tanpa ada perantara,” jelasnya.

Menurut Rollo, untuk bisa mendapatkan pupuk subsidi, petani terlebih dulu membuat surat pengadaan yang kemudian ditanda tangani ketua kelompok dan lurah. Surat pengadaan pupuk bersubsidi itu kemudian dikirimkan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, untuk direkapitulasi sebagai proyeksi kebutuhan pupuk.

“(Setelah itu), baru dibuatkan Surat Keputusan Gubernur untuk disampaikan ke Kementerian Pertanian. Lalu kementerian meneruskan permintaan pengadaan pupuk bersubsidi itu kepada Badan Usaha Milik Negara (yang terkait) pengadaan pupuk bersubsidi,” tuturnya.

Salah satu petani sayur di Jalan Baru Pasar Youtefa, Kota Jayapura, Viktor mengatakan setiap dua pekan kelompok taninya yang beranggotakan lima petani mendapatkan 100 kilogram pupuk urea bersubsidi. “Satu petani membayar Rp25 ribu ke toko penjual pupuk bersubsidi. Tidak semua toko pupuk menjual pupuk subsidi dengan bebas, yang dilayani hanya yang tergabung di kelompok tani saja,” jelasnya. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top