Follow our news chanel

Previous
Next

Pastor dan diakon harus bersungguh menentramkan umat

Papua
Mgr Aloysius Murwito, OFM (tengah) memeluk Benyamin Magay, Pr, seusai ditahbiskan menjadi pastor, Nabire, Minggu (11/10/2020) - Jubi/Abeth You.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, JubiUskup Agats Mgr Aloysius Murwito, OFM menahbiskan Benyamin Magay, Pr dan Nikolaus Wakei, Pr sebagai pastor, di Paroki Kristus Sahabat Kita atau KSK Nabire, Minggu, (11/10/2020). Dia berpesan kepada kedua pastor baru tersebut selalu mengutamakan mengajar, menguduskan, dan mengembalakan umat.

“Seorang pastor bukan orang hebat karena (tetap) memiliki keterbatasan.  Hendaklah kalian tekun dan setia melayani umat,” kata Uskup Murwito dalam khotbahnya saat penahbisan.

Penahbisan juga dilakukan terhadap delapan diakon baru. Mereka ialah  Febronius Angelo, Pr, Fransiskus Sondegau, Pr, dan Paulus Leopati Yerwuan, Pr. Kemudian,  Silvester Dogomo, Pr, Vincentius Budi Nahoba, Pr, dan Yoseph Bunai, Pr.

“Kita harus bersungguh-sungguh memahami dan mendengar kehendak Tuhan. Itu tidak mudah. Orang sering kali mengabaikan hal-hal penting karena hanya sibuk dengan dirinya sendiri (urusan masing-masing),” lanjut Uskup Murwito.

Administrator Diosesan Keuskupan Timika Pastor Marthen Ekowaibii Kuayo, Pr menambahkan penahbisan tersebut merupakan ketetapan Tuhan. Karena itu, dia berharap para pastor dan diakon baru mampu menentramkan umat di tengah situasi sulit saat ini.

“Situasi politik Papua semakin memanas (pada saat ini). Pewarta (Gereja) dan pendeta ditembak, tentara dibunuh. Pastor dan diakon harus hadir untuk menyatukan (menentramkan) semua itu,” kata Kuayo.

Dia juga mengajak semua pihak mengheningkan cipta untuk Almarhum Mgr John Philip Saklil, Pr yang seharusnya memimpin prosesi penahbisan. “Sebenarnya dia yang menahbiskan karena  mereka merupakan karya (hasil didikan) almarhum. Namun, dia sudah mendahului kita. Kami menyampaikan terima kepada Uskup Agats yang telah jauh-jauh datang untuk menjalankan misi Tuhan (menahbiskan pastor dan diakon).” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top