Follow our news chanel

Previous
Next

Patrick Wanggai resmi gabung Persebaya 2020

Patrick Wanggai - Jubi/suara.com dari laman resmi Persebaya
Patrick Wanggai resmi gabung Persebaya 2020 1 i Papua
Patrick Wanggai – Jubi/suara.com dari laman resmi Persebaya

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tantangan bagi pemain Papua di Persebaya memang tak semudah membalik sebuah telapak tangan. Pasalnya, musim 2018-2019 tercatat beberapa pemain asal Papua memperkuat skuad Bajul Ijo, mulai dari Nelson Alom, Ricky Kayame, Yanto Basna, Ferinando Pahabol, hingga tertinggal dua pemain. Dua pemain itu ialah  ell capitano Persebaya musim 2019, Ruben Sanadi, dan pemain terbaik Liga 1 musim 2018 dan pencetak gol terbanyak timnas Sea Games 2019, Osvaldo Haay.

Setelah mengikat kontrak dengan gelandang serang muda Persebaya, kali ini tim berjuluk Bajul Ijo mengontrak kembali striker Papua, Patrich Steve Wanggai. Melalui Instagram resmi klub Persebaya Instagram/@officialpersebaya pada Selasa (7/1/2020) siang, mengumumkan striker Patrich Wanggai resmi bergabung dan diharapkan mampu menambah ketajaman lini depan Persebaya

Pemain kelahiran  Nabire, 27 Juli 1988 ini pernah memperkuat beberapa klub di Indonesia.Sebelum memperkuat Kalteng Putra, sepupu Imanuel Wanggai ini pernah perkuat Persib Bandung, Sriwijaya FC, Borneo FC,  Persipura Jayapura, serta Dafonsoro.

Patrick Wanggai selepas bermain bersama Mutiara Hitam musim 2013, melanglang buana ke negeri jiran Malaysia pada 2014. Selama di sana ia bersama klub Malaysia Super League (MSL), T-Team FC. Saat berhadapan dengan tim Johor Darul Ta’zim, lansung mencetak gol perdana.

Bahkan namanya ketika itu jadi head line surat kabar Berita Harian Malaysia berjudul “Wanggai buat JDT gigit jari.” Bukan hanya itu saja, media lainnya menulis ‘Gol tunggal Patrich bantu T-Team kejutkan skuad bintang JDT’ sebagaimana dilansir halaman depan Sinar Harian di Malaysia.

Sayang, Patrich Wanggai tak bertahan lama di Malaysia. Ia kembali ke Indonesia sedangkan klub berjuluk The Titans sebutan T-Team FC turun kasta ke divisi dua, Liga Malaysia.

Loading...
;

Ia juga sempat bersama beberapa punggawa Persipura lainnya, Boaz, Tibo, Octo Maniani, dan sepupunya Imanuel Rogero Wanggai bermain di Liga Timor Leste. Selama di Timor Leste ia memperkuat  kesebelasan Karketu FC Dilli.

Pemain yang bertemperamen keras mirip saudara sepupunya, Dai Manu Wanggai, pernah pula bergabung ke Madura United saat masih dilatih mantan pelatih Persiwa Wamena, Gomes Olivera.

Senang gabung Persebaya 2020

Sebenarnya Patrich Wanggai secara tidak resmi pernah ikut bermain bersama tim berjuluk Bajul Ijo ini sebab pada laga 2012 pernah melawan QPR klub dari Inggris. Queens Park Rangers Football Club (biasa disebut QPR) merupakan sebuah tim sepak bola Inggris yang saat ini bermain di Divisi 2 Inggris. Saat itu Patrich Wanggai berstatus pemain pinjaman membela Persebaya melawan QPR.

Rasa senang Patrick Wanggai tak bisa dibendung karena kembali berkostum tim berjuluk Bajul Ijo di bawah pelatih Ajie Santoso. Sebelumnya saat Persebaya dibesut Jajang Nurdjaman, Ruben Sanadi didapuk jadi kapten Persebaya musim 2019. Kepastian Ruben Sanadi bersama Persebaya belum bisa dipastikan. Mantan wing bek kiri Persipura itu masih negosiasi kontrak baru.

”Bisa bergabung dengan Persebaya yang jelas saya senang. Tim ini serius. Pokoknya luar biasa. Saya senang bisa kembali,” ujar Patrich setelah menandatangani kontrak di kantor marketing Persebaya sebagaimana dilansir laman resmi Persebaya.

Tentunya Patrick Wanggai akan bersaing dengan pemain muda Persebaya lainnya, sebab lini depan Persebaya tercatat masih ada David Aparecido da Silva, Bayu Nugroho, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, hingga rising star Moch Supriadi. Seandainya Osvaldo Haay masih ber-jersey Bajul Ijo mungkin juga menjadi saingan sesama pemain Papua plus Ricky Kambuaya gelandang serang yang bisa berposisi striker.

Pelatih Ajie Santoso mengatakan kehadiran Patrick Wanggai akan menjadi pendamping yang pas buat Da Silva. Apalagi dalam musim 2020, Persebaya harus ikut kompetisi AFC dengan jadwal padat sudah tentu, Da Silva perlu pelapis seorang striker yang tajam

Musim 2019, bersama Kalteng Putra, Patrick Wanggai telah mengemas tujuh gol dari 27 penampilan di Liga 1 musim 2019. Rekor pencetak gol terbanyak striker lokal musim 2019 dipegang striker Persipura Titus Bonay dengan koleksi 12 gol. Patrich Wanggai menjadi pemain lokal keempat yang didatangkan oleh Persebaya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top