Follow our news chanel

PAW tiga legislator Papua tunggu SK Mendagri

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) tiga legislator Papua yang mengundurkan menjelang akhir tahun 2016 menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Papua, Decky Nawipa mengatakan, proses administrasi di dewan dan Pemprov Papua telah rampung. Kini prosesnya sudah di Kementerian Dalam Negeri.

"Sepertinya masih berproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Belum ada SK dari Mendagri," kata Decky kepada Jubi, Senin (13/2/2017).

Jika nanti telah ada SK dari Mendagri, DPR Papua akan menjadwalkan pelantikan PAW tiga legislator Papua yang mengundurkan diri dengan beberapa waktu lalu lantaran ikut dalam bursa Pilkada di Kabupaten dan Kota Jayapura.

"Siapa nanti pengganti mereka, itu sesuai usulan dari partai pengusung tiga anggota dewan tersebut saat pemilihan legislatif 2014," ujarnya.

Tiga legislator Papua mengundurkan diri ketika mencalonkan sebagai Wali Kota Jayapura, Bupati Jayapura dan Wakil Wali Kota Jayapura dalam Pilkada serentak 2017.

Loading...
;

Tiga legislator itu yakni Wakil Ketua III DPR Papua, Yanni (Ketua DPD Gerindra Papua), Boy Markus Dawir (Pengurus DPD Demokrat Papua) dan Rustan Saru (Ketua DPD PAN Kota Jayapura).

"Meski penggantinya sesuai usulan partai, tapi tak bisa lompat Daerah Pemilihan (Dapil). Misalnya anggota dewan yang mengundurkan diri berasal dari Dapil I, penggantinya tidak boleh dari dapik lain," kata Ketua BK DPR Papua, Maria Duwitau kepada Jubi belum lama ini.

Kecuali di Dapil tersebut sudah tak ada pengganti, barulah bisa lompat ke Dapil lain. Namun itu juga tidak bisa lompat ke Dapil yang terdekat. Misalnya Dapil I ke Dapil II. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top