Follow our news chanel

PB PON diminta sampaikan persiapan infrastruktur PON XX ke publik

Istora Papua Bangkit – Jubi/Angel
PB PON diminta sampaikan persiapan infrastruktur PON XX ke publik 1 i Papua
Istora Papua Bangkit – Jubi/Angel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan diselenggarakan di Provinsi Papua pada 9 hingga 21 September 2020. Kurang dari 448 hari atau 14 bulan lagi perhelatan olahraga terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Tanah Papua.

Pembangunan mega proyek venue untuk penyelenggaran PON XX sedang dilakukan. Di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura terdapat pembangunan Istora Papua Bangkit yang akan digunakan pada acara pembukaan dan penutupan PON XX, juga arena Aquatik. Sedangkan arena Cricket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Pembangunan Istora Papua Bangkit sebesar Rp 263,87 miliar, dan Aquatik sebesar Rp 389,63 miliar. Keduanya ditargetkan rampung pada Juli 2020. Sedangkan pembangunan arena Cricket dan lapangan Hockey di Distrik Waibu menggunakan anggaran sebesar Rp 277,1 miliar, dengan target selesai pada Juni 2020. Namun keempat arena itu dibangun dengan menggunakan dana yang bersumber dari APBN Kementerian PUPR, berdasarkan Inpres No.10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua. Total anggaran yang dikucurkan sekira Rp 1,3 Triliun.

Sedangkan ketersediaan 43 dari 47 cabang lainnya menjadi tanggung jawab Pemprov Papua. Hingga semester pertama tahun anggaran 2019, belum juga ada laporan terbaru pencaipaian pembangunannya mengingat waktu yang semakin dekat.

Komisi I DPR Papua, komisi yang membidangi pertahanan, hukum, politik dan pemerintahan meminta instansi terkait di lingkungan Pemprov Papua yang menangani kesiapan sarana pendukung PON XX menyampaikan secara jujur ke publik sejauh mana kesiapan Papua sebagai tuan rumah pada 2020 mendatang.

Pernyataan itu dikatakan Ketua Komisi I DPR Papua, Orgenes Wanimbo karena menilai hingga kini kesiapan venue-venue PON di sejumlah wilayah belum terlihat.

Loading...
;

Ia mengatakan, sarana penunjang di kabupaten/kota yang sudah ditetapkan sebagai klaster PON mesti dicek oleh para pihak yang menangani kesiapan PON. Bagaimana kesiapannya, apakah ada masalah dalam pembangunan venue atau tidak, terutama terkait hak ulayat lokasi yang akan dijadikan pembangunan sarana PON.

“Harus terbuka agar semua pihak bisa memberikan masukkan untuk mensukseskan PON. Gubernur sudah memperjuangkan Papua tuan rumah PON, sehingga pelaksannanya mesti sukses,” kata Orgenes Wanimbo kepada Jubi, Selasa (18/6/2019).

Ia tidak ingin Papua sebagai tuan rumah even olahraga empat tahunan itu dianggap gagal sebagai tuan rumah. Masyarakat pemilik hak ulayat tanah yang akan dijadikan lokasi membangun sarana PON diminta tidak mempersulit proses pembangunan jika pemerintah telah melaksanakan tanggung jawabnya. Misalnya sudah mengganti rugi lahan yang akan digunakan.

Namun jika belum tuntas, pemerintah mesti secepatnya menyelesaikan hak-hak masyarakat adat agar proses pembangunan saran PON dapat terlaksana tanpa hambatan mengingat waktu semakin sempit.

“Saya sendiri ragu, semua lahan yang ditetapkan menjadi lokasi pembangunan venue PON sudah tuntas dibicarakan dengan masyarakat adat,” ujarnya.

Jika dilihat dari progres lelang proyek yang berhubungan dengan PON XX, terdapat beberapa proyek yang semestinya sudah terselesaikan. Misalnya rehabilitasi GOR Eks SGO di Kloofkam Kota Jayapura. Lelang proyek Rehab GOR SGO sudah selesai pada 2017 dengan nilai lelang Rp200 juta.

Lalu lapangan Volley Indoor dan Volley Pasir di Koya Barat Jayapura yang menggunakan anggaran Disorda Provinsi Papua tahun 2018 sebesar Rp sebesar Rp 381,6 miliar. Ada juga pembangunan lapangan tembak, GOR Rindam dan Softball dan Baseball di Jayapura Provinsi Papua sebesar Rp376 miliar lebih.

Selain rehabilitasi GOR Cenderawasih sebesar Rp1,4 miliar dan lapangan Mandala baru dimulai pada 2019, belum ada kemajuan pembangunan maupun rehabilitasi gedung untuk menggelar kurang lebih 30 cabang olahraga di Kota Jayapura. Belum terselesaikannya arena-arena tersebut, menyebabkan kekhawatiran Papua gagal menyelenggarakan PON pertama di Bumi Papua.

Ketua harian Panitia Besar PON Papua, Yunus Wonda mengatakan sebagai tuan rumah Provinsi Papua telah mempersiapkan semua yang menjadi tanggung jawabnya. Pembangunan venue PON di sejumlah wilayah yang merupakan tanggung jawab Pemprov Papua, yang ditargetkan rampung akhir tahun 2019

“Memang banyak kalangan yang pesimis pengerjaan sarana PON tidak akan selesai sesuai dengan jadwal. Namun, kami memastikan semuanya tetap berjalan sesuai dengan tahapan yang ada,” kata Yunus Wonda.

PB PON diminta sampaikan persiapan infrastruktur PON XX ke publik 2 i Papua
Stadion Atletik Mimika Sport Complex (MSC) – Jubi/Angela

Menjelang PON XX, bantuan datang dari PT Freeport Indonesia yang membangun Mimika Sport Complex (MSC) pada tahun 2013 dan telah rampung pada 2016. Pembangunan MSC dilahan seluas 12,5 Hektare milik Pemkab Mimika dengan menghabiskan anggaran PTFI sebesar 33 juta US dolar. MSC terdiri dari satu stadion Atletik yang berstandart internasional dan satu stadion indoor yang akan menggelar pertandingan Basket, dan gedung kesehatan. Dua asrama berkapasitas 100 atlet untuk persiapan PON XX, lapangan pemanasan, kantin dan tertata sangat rapi.

“Pembangunan MSC ini merupakan komitmen PT Freeport untuk membantu perkembangan olahraga khususnya di Mimika. MSC sudah siap digunakan untuk PON XX, dan saat ini kami hanya melakukan maintanace saja,” kata external affairs maintenance MSC, Malik A. Lukito di Timika, (17/5/2019).

Sesuai jadwal, Kota Timika akan menggelar 9 cabang olahraga, yakni atletik, futsal, basket, golf, billiard, Judo, tenis meja, panjat tebing (masih tarik menarik) serta penyisihan sepakbola. Empat cabor akan menggunakan fasilitas yang disediakan PTFI yakni, golf, atletik, bola basket dan futsal. (*)

Editor: Angela Flassy

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top