PB PON Papua serahkan tugas kirab api ke TNI

Papua
Ilustrasi / internet

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua menyerahkan tugas kirab dan pengambilan api PON XX kepada TNI. Hal ini disampaikan Ketua I Bidang Pertandingan, Arena, Peralatan dan Upacara, Yusuf Yambe Yabdi.

Dirinya menjelaskan, pengambilan dan kirab api PON XX diserahkan kepada TNI mengingat tugas yang diemban oleh PB PON di semua bidang semakin padat.

“Untuk kirab dan pengambilan api PON kita serahkan semuanya ke TNI. Karena beban PB PON terlalu berat, kita tidak bisa mengurusi semuanya,” ujar Yambe Yabdi kepada wartawan olahraga di Jayapura, Selasa (12/1/21) kemarin.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, penunjukkan TNI untuk menangani pengambilan dan kirab api PON XX juga merupakan bentuk sinergitas antar komponen negara dalam mensukseskan pesta olahraga akbar di Indonesia.

“PON ini adalah event nasional yang tempatnya digelar di Papua, oleh sebab itu, sinergitas antara seluruh komponen yang ada di negara ini harus dioptimalkan untuk mensukseskan PON, maka yang sudah kita rapatkan di bidang I yah seperti itu,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, setelah proses penyerahan kepada pihak TNI melalui MoU, selanjutnya Pangdam XVII Cenderawasih akan menunjuk penanggung jawab swakelola dan akan berkomunikasi dengan PPK untuk menyusun langkah teknis sebagaimana yang diatur dalam proses pengambilan api PON seperti PON-PON sebelumnya.

“Yang tantangannya berat yah itu kirab dan pengambilan api PON, karena pengambilan itu di Bintuni dan harus melewati 5 wilayah adat. Itu yang agak susah, oleh sebab itu kami menilai TNI memiliki organisasi yang sangat solid sampai ke seluruh kabupaten Kota bahkan lintas provinsi jadi itu yang kita petakan di bidang I. Dan itu sudah disetujui oleh ketua harian,” jelasnya.

Loading...
;

Sementara untuk jenis-jenis upacara yang lain, seperti penyambutan kontingen dan penghormatan kontingen, penghormatan pemenang, gala dinner dan lainnya masih akan diproses oleh PB PON.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda mengatakan, api PON akan diambil di Bintuni dan dikirab mengelilingi kota dan kabupaten di lima wilayah adat di bumi Cenderawasih, mulai dari Kabupaten Biak (Wilayah adat Saereri), Wamena (La Pago), Mimika (Mee Pago), Merauke (Anim Ha), Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura (Mamta).

“Kirab api PON akan melewati perwakilan kabupaten dari lima wilayah adat, dan finish di stadion Papua Bangkit, pada 2 Oktober 2021 mendatang. Kirab ini juga akan ditangani langsung oleh teman-teman di TNI/Polri, walaupun di bawah bidang upacara,’’ ujarnya.(*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top