Follow our news chanel

PBB bersolidaritas bagi negara-negara Pasifik pasca-Harold

PBB bersolidaritas bagi negara-negara Pasifik pasca-Harold 1 i Papua
Atap gedung yang rusak akibat Siklon Harold. – RNZI/ NDMO Fiji

Papua No. 1 News Portal | Jubi

New York, Jubi – PBB telah mengumumkan pesan solidaritas untuk mendukung kawasan Pasifik setelah kehancuran yang disebabkan oleh Siklon Harold pekan lalu. Siklon itu menerjang Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Tonga.

Puluhan jiwa diyakini telah tewas di seluruh wilayah Pasifik akibat badai tropis yang juga merobohkan banyak rumah, bangunan, dan tanaman pangan.

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, mengungkapkan rasa solidaritasnya yang mendalam untuk masyarakat Pasifik saat mereka menghadapi dampak siklon itu, bersama dengan tantangan lainnya terkait iklim, serta pandemi virus Corona, yang menambahkan dimensi baru yang mengkhawatirkan dari kerentanan yang sudah lama ada, menurut pernyataannya.

Juru Bicara Stephane Dujarric berkata PBB siap mendukung upaya pemerintah dan penindak pertama.

Lembaga Dana Anak PBB (UNICEF) telah membantu pihak berwenang di Vanuatu, Fiji dan Kepulauan Solomon untuk menjangkau anak-anak yang paling memerlukan bantuan, menurut perwakilan badan itu di Pasifik, Sheldon Yett.

Presiden Majelis Umum PBB ke-74, Tijjani Muhammad-Bande, juga tutur menyatakan keprihatinannya tentang kerusakan yang disebabkan oleh Harold di wilayah tersebut.

Loading...
;

Muhammad-Bande berkata dia sedih mendengar tentang kehancuran yang disebabkan oleh badai itu di Pasifik, khususnya Fiji, negara yang baru ia kunjungi sebulan yang lalu.

Ratusan orang masih di posko-posko evakuasi

Hampir 2.000 orang di Fiji masih tinggal di posko-posko evakuasi pasca-Harold.

Menurut Kantor Penanggulangan Bencana Nasional (NDMO) Fiji, saat ini ada 1.837 orang yang tersebar di 66 posko evakuasi di seluruh negeri. Kantor itu juga menguraikan bahwa ada 16 posko di Divisi Barat yang menampung 386 orang, 21 posko di Divisi Pusat dengan 384 orang, sementara ada 29 posko di Divisi Timur yang menampung sekitar 1.067 pengungsi.

Distribusi pasokan sembako untuk keluarga di posko-posko evakuasi dimulai Senin ini (13/4/2020).

Seorang pria berusia 66 tahun telah dikonfirmasikan sebagai korban siklon Harold pertama di Fiji.

Sementara itu, kerusakan dan jumlah kerugian di Vanuatu masih belum bisa dipastikan karena komunikasi dan listrik masih belum pulih di kebanyakan daerah.

Sebelumnya ada laporan bahwa setidaknya dua orang telah meninggal dunia akibat Siklon Harold, dan sampai 70% bangunan di kota Luganville hancur.

Di Kepulauan Solomon setidaknya 27 orang yang menggunakan kapal feri hilang saat badai Harold baru membentuk di pantainya, enam jenazah telah ditemukan sementara sisanya masih hilang, diduga tenggelam. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top