Follow our news chanel

PBB puji catatan HAM Bolivia dan Evo Morales

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi – PBB memuji pemerintahan Evo Morales yang membuka kembali investigasi atas kejahatan yang dilakukan negara selama masa kediktatoran.

Komisioner Tinggi HAM PBB, Denis Racicot mengakui bahwa upaya pemerintah Bolivia mematuhi hukum humanitarian internasional, berkontradiksi dengan klaim yang berulangkali dinyatakan oleh AS terhadap negeri sosialis itu.

Bolivia adalah salah satu dari sedikit negara yang meratifikasi seluruh instrumen internasional sistem HAM universal serta protokol opsionalnya, ujar Ricicot.

Menurut Komisioner Tinggi itu, sebelum Presiden Evo Morales dilantik sebagai presiden di tahun 2006, negara itu memiliki catatan buruk terkait Hak Azasi Manusia.

Ia juga memuji hasil kerja yang dilakukan oleh tim inter-kementerian yang dibentuk oleh Kementerian Keadilan, Kejaksaan Agung dan Kementerian Luar Negeri atas pendirian Sistem Plurinasional untuk Pengawasan dan Statistik rekomendasi hak-hak azasi manusia.

“Ini menunjukkan komitmen besar Negara, dengan perlindungan dan promosi hak azasi manusia serta pentingnya posisi internasional yang diemban pemerintahan Bolivia di kawasan ini,” ujarnya.

Loading...
;

Menteri luar negeri, David Choquehuanca, mengatakan bahwa Sistem Pengawasan dan Statistik Plurinasional merupakan alat ‘pencarian’ dan rekomendasi yang tersedia untuk semua rakyat.

“Secara berkala kami sudah menerima rekomendasi dan semua isu ini harus transparan dan mudah diakses oleh rakyat. Warga seringkali tidak tahu bagaimana mempertahankan hak azasi mereka dan ini merupakan alat yang tepat,” ujarnya.

Bolivia berbasis pada sistem Plurinasional, yakni negeri yang terdiri lebih dari dua bangsa yang berdiri atas dasar beragam komunitas politik.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top