PBB sebut Myanmar tak akan berpidato di sidang umum

PBB Papua
Ilustrasi PBB, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Perserikat bangsa bangsa menyebut Myanmar tak akan berpidato dalam sidang majelis umum. Hal itu disebabkan tak ada perwakilan dari negara itu yang dijadwalkan berbicara di lembaga penghimpun antar negara itu .

“Pada titik ini, Myanmar tidak akan berpidato,” kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, Jumat (24/9/2021).

Baca juga : PBB desak militer Myanmar bebaskan Aung San Suu Kyi

Sejak militer menggulingkan pemerintah terpilih pimpinan Aung San Suu Kyi lewat kudeta, posisi duta besar Myanmar di PBB masih diperebutkan oleh junta dan pemerintah yang digulingkan.

Dubes Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun, yang ditunjuk oleh pemerintah Aung San Suu Kyi, semula diharapkan untuk berpidato di SMU PBB yang beranggotakan 193 negara. Dia dijadwalkan berbicara pada Senin (27/9/2021), bertepatan hari terakhir pertemuan tahunan itu.

Namun para diplomat mengatakan Cina, Rusia, dan Amerika Serikat telah mencapai kesepahaman bahwa Moskow dan Beijing tidak akan keberatan dengan Kyaw Moe Tun yang tetap menduduki posisi wakil Myanmar di PBB untuk saat ini, selama dia tidak berbicara pada Sidang Umum.

Loading...
;

“Saya menarik diri dari daftar pembicara, dan tidak akan berbicara pada debat umum ini,” kata Kyaw Moe Tun kepada Reuters.

Kyaw Moe Tun mengatakan telah mengetahui adanya kesepahaman antara beberapa anggota komite kredensial PBB yang beranggotakan Rusia, Cina, dan AS. Sedangkan Junta Myanmar telah mengajukan pensiunan militer Aung Thurein untuk menjadi utusan di PBB.

Di lain pihak, Kyaw Moe Tun juga telah meminta agar akreditasinya di PBB diperbarui meskipun hal itu menjadikannya target serangan atau pembunuhan atas pembangkangan terhadap junta militer. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top