HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

PDAM siap alirkan air bersih ke eks lokasi banjir bandang

Papua
Ilustrasi layanan air bersih - Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura siap membangun jaringan air bersih ke lokasi terdampak banjir bandang Sentani 2019. Sebanyak 175 dari 300 rumah telah dibangun pemerintah di lokasi terdampak bencana tersebut.

PDAM Jayapura siap memasang jaringan air bersih ke setiap rumah (yang dibangun pemerintah untuk warga korban banjir bandang) dalam waktu dekat ini. Kami akan memanfaatkan jaringan distribusi yang dibangun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura Entis Sutisna, Rabu (8/7/2020).

PDAM mengalokasikan sekitar Rp495 juta untuk membangun instalasi air bersih tersebut. Alokasi itu termasuk untuk penyediaan sarana penampungan air.

“Bak penampung untuk mengantisipasi (menyaring) sedimen (endapan) dan material-material lain (yang masuk bersama air) ke pipa. Pemasangan jaringan maupun pembangunan bak akan segera kami kerjakan,” lanjut Entis.

Air bersih yang akan dialirkan ke setiap pelanggan berdebit 5 liter per detik. Pemasangan instalasinya digratiskan.

“Jaringan distribusi sudah disiapkan BNPB. Kami tinggal menatanya, dan memasang pipa ke bak distribusi,  serta mengalirkan air ke pelanggan,” ujar Entis.

Bupati Mathius Awoitauw mengatakan pembangunan pemukiman baru bagi warga korban banjir bandang masih berlanjut di sejumlah lokasi. Dia berharap masyarakat turut mengawasi pelaksanaan proyek tersebut. “Di Kemiri, sudah ada (selesai dibangun sebanyak) 175 rumah, sedangkan daerah lain masih dikerjakan. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top