HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pedagang antusias ingin menjadi peserta BPJamsostek Cabang Jayapura

Personel BPJamsostek Cabang Jayapura saat melakukan kegiatan wisata akuisisi kepada pedagang di Pasar Youtefa - Jubi/Ramah
Pedagang antusias ingin menjadi peserta BPJamsostek Cabang Jayapura 1 i Papua
Personel BPJamsostek Cabang Jayapura saat melakukan kegiatan wisata akuisisi kepada pedagang di Pasar Youtefa – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Jayapura gencar merekrut kepesertaan melalui kegiatan wisata akuisisi, dengan turun langsung ke pasar tradisional, salah satunya di Pasar Youtefa Kota Jayapura, Sabtu (14/3/2020).

Ketika personel BPJamsostek melakukan pelayanan menggunakan mobil, terlihat pedagang sangat antusias mendatangi tempat pelayanan sambil membawa dokumen lengkap untuk mendaftarkan diri ikut dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

Pedagang antusias ingin menjadi peserta BPJamsostek Cabang Jayapura 2 i Papua

“Sasaran wisata akuisisi meliputi pasar-pasar yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Hanya dengan membayar iuran Rp16.800 per orang sudah ada perlindungan satu bulan ke depan,” ujar Plt Kepala BPJamsostek Cabang Jayapura, Nasrullah Umar, disela-sela pelayanan.

Menurut Nasrullah, kegiatan wisata akuisisi dilakukan di pasar tradisional sebagai salah satu upaya dalam perluasan kepesertaan pekerja sektor mikro kecil dan bukan penerima upah, dengan melakukan sosialisasi dan edukasi langsung ke sentra-sentra ekonomi.

“Saat terjun ke lapangan, peserta yang mendaftar mencapai 150 sampai 200 orang, namun karena waktu yang terbatas dan kesibukan pedagang sehingga pedagang menyampaikan agar wisata akuisisi diadakan tiga kali dalam seminggu,” ujar Nasrullah.

Melihat antusias masyarakat yang begitu banyak, diakui Nasrullah, pihaknya terus berupa memaksimalkan kegiatan wisata akuisisi supaya program dari BPJamsostek bisa dirasakan masyarakat.

Loading...
;

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat memudahkan pekerja sektor bukan penerima upah untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran. Kegiatan wisata akuisisi ini kami lakukan setiap Jumat dan Sabtu. Target kami sebanyak-banyaknya,” jelas Nasrullah.

Nasrullah menambahkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 tentang perubahan atas PP Nomor 44 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan program JKK dan JK, terjadi peningkatan manfaat kendati pembayaran iurannya tidak naik.

Kenaikan manfaat tanpa menaikkan iuran seperti JK, yang dulunya Rp24 juta menjadi Rp42 juta. Sedangkan, JKK, yang tadinya enam bulan diganti 100 persen, sekarang satu tahun diganti 100 persen.

Selain itu, lanjut Nasrullah, manfaat PP No 82 Tahun 2019, yaitu peningkatan beasiswa dari Rp12 juta menjadi Rp178 juta (menangani dua anak sampai sarjana).

“Tentunya manfaat-manfaat tersebut akan diterima oleh pekerja yang aktif dalam membayar iuran dan terdaftar sebagai peserta BPJamsostek. Total peserta yang terdaftar di BPJamsostek Cabang Jayapura ada 4 ribu lebih perusahaan. Jumlah tenaga kerja yang aktif membayar sebanyak 67 ribu,” jelas Nasrullah.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Youtefa, Maria Degei, mengaku tertarik menjadi peserta BPJamsostek karena banyak manfaat yang akan didapatnya.

“Yang bikin saya tertarik menjadi peserta karena untuk mendapatkan perlindungan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua. Semua ini saya lakukan untuk melindungi saya punya keluarga,” jelas Degei. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa