Follow our news chanel

Previous
Next

Pedagang di Papua diingatkan tak manfaatkan situasi saat pandemi Covid-19

Aktivitas perdagangan di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.
Pedagang di Papua diingatkan tak manfaatkan situasi saat pandemi Covid-19 1 i Papua
Aktivitas jual-beli di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura. – Jubi/Engel Wally.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Komisi II DPR Papua yang membidangi ekonomi, perindustrian dan perdagangan mengingatkan para pedagang di Papua, tidak mencari keuntungan lebih dari pandemi Covid-19.

Peringatan itu disampaikan Ketua Komisi II DPR Papua, Mega Nikijuluw karena khawatir pembatasan sosial sementara, yang diberlakukan Pemprov Papua, dimanfaatkan para pedagang untuk menjual harga kebutuhan di atas harga normal.

“Pemerintah mesti tegas terhadap para pedagang yang memanfaatkan situasi ini,” kata Mega Nikijuluw melalui telepon selulernya, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, dinas terkait dari provinsi dan kabupaten/kota mesti melakukan pemantauan rutin. Memastikan harga dan stok kebutuhan di lapangan. Jika ada pedagang yang menjual harga kebutuhan di atas harga wajar, mesti ada sanksi tegas.

Ia mengakui dalam situasi pembatasan sosial seperti sekarang ini, pemerintah dalam posisi dilema. Di satu sisi pemerintah mesti mengambil kebijakan tersebut, sebagai upaya menghambat penyebaran Covid-19 di Papua.

Akan tetapi di sisi lain pemerintah daerah mesti memastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok untuk warga.

Loading...
;

“Saya pikir mesti ada perhatian pemerintah berupa bantuan kebutuhan, kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah, selama pembatasan sosial diberlakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Papua, Hery Dosinaen menyatakan tim terpadu Pemprov Papua akan melakukan inspeksi mendadak untuk mencegah penimbunan kebutuhan pokok oleh pihak tak bertanggung jawab.
Katanya, jika ada pihak yang kedapatan menimbun kebutuhan pokok, akan diproses hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Laporan dari Kepala Bulog Papua, ketersediaan beras kita hingga empat bulan kedepan. Memang stok gula yang justru berkurang tapi akan diupayakan stabil secepatnya,” kata Hery Dosinaen belum lama ini. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top