Follow our news chanel

Previous
Next

Pedagang Pasar Hamadi minta Pemkot Jayapura tertibkan pedagang keliling

Seorang penjual sayur sedang melayani pembeli - Jubi/Ramah
Pedagang Pasar Hamadi minta Pemkot Jayapura tertibkan pedagang keliling 1 i Papua
Seorang penjual sayur sedang melayani pembeli – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pedagang di Pasar Hamadi mengeluh lantaran pendapatan mereka berkurang karena sepi pembeli. Hal ini dirasakan pedagang mulai tahun 2013.

Pantauan Jubi, Sabtu (22/2/2020) siang, lorong di setiap los meja penjual lenggang dari pembeli, yang biasanya dilalui sambil berdesak-desakan.

“Harusnya Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura tegur itu pedagang keliling. Ini tra (tidak) ada. Dibiarkan begitu saja,” ujar seorang penjual sayur, Mama Ambon.

Dikatakan Mama Ambon, bila dalam sehari bisa mendapatkan uang Rp1 juta, kini untuk dapat uang Rp100 ribu saja susah.

“Menangnya pedagang keliling itu karena langsung ke lingkungan warga atau ke rumah-rumah warga sehingga warga lagi mau belanja ke pasar karena di pedagang keliling yang pakai mobil dan motor itu sudah lengkap semuanya,” ujar Mama Ambon.

Mama Ambon berharap Pemkot Jayapura mencari solusi atas sepinya pembeli di pasar tradisional sehingga menggairahkan perekonomian di pasar.

Loading...
;

Pedagang sayur lainnya, Siska Pekey, mengaku sejak menjamurnya pedagang keliling, baik yang menggunakan motor dan mobil, dagangannya membusuk tidak laku.

“Dulunya biar 50 ikat untuk setiap jenis sayuran bisa habis dijual. Sekarang ini, mau laku 10 ikat saja susahnya minta ampun, bahkan tinggal busuk. Modal tidak kembali, yang ada hanya rugi saja,” ujar Pekey.

Pekey berharap agar Pemkot Jayapura tegas terhadap penjual keliling karena pedagang di pasar berkontribusi atas Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan membayar karcis.

“Kami bayar karcis setiap hari tapi pembeli sepi. Kalau begini terus kami mau biaya pendidikan anak-anak kami bagaimana,” jelas Pekey. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top