Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pedagang pasar lama Sentani menempati tanah ulayat

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani,Jubi – Belasan kios dan Warung pedagang di lahan kosong di pasar lama Sentani menempati lahan milik hak ulayat. Terdapat 12 Warung dan 4 kios kelontongan yang dibangun permanen di kawasan tersebut .

“Ketika membangun tempat dagang sudah ada kesepakatan dengan pemilik hak ulayat,"kata seoarang pemilik warung, Nurdin, saat ditemui di warungnya di pasar lama Sentani. Sabtu ( 21/10/2017).

Pedagang pasar lama Sentani menempati tanah ulayat 1 i Papua

Kesepakatan itu isinya setiap tiga bulan sekali membayar penggunaan lahan sebesar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Menurut dia, lahan yang awalnya kosong dan dipagar beton oleh Pemerintah daerah itu dibongkar sehingga digunakan mendirikan warung dan kios.

“Selain itu setiap bulan kewajiban memberi bagian kepada pemilik hak ulayat Pak Mauritz Felle," kata Nurdin menjelaskan.

Dina, seoarang penjual sagu yang tak jauh dari lahan itu mengaku untuk membangun kios atau warung harus berurusan dengan banyak pihak, padahal yang punya hak ulayat hanya satu orang saja.

"Jadi lahan tersebut dijual belikan diatas banyak tangan, jadi tidak hanya satu orang saja yang sebagai pemilik hak ulayat,” kata Dina yang enggan menempati lahan itu.

Loading...
;

Warsito Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura mengatakan akan mendata semua pedagang dipasar lama sekaligus membicarakan pengelolaan lahan kosong dengan pemilik hak ulayat.

"Pastinya kita akan mendata dulu, hal ini berkaitan dengan pemindahan lokasi para pedagang dari pasar lama ke dua pasar yang telah tersedia,” kata warsito.

Ia juga akan berkoordinasi dengan pemilik hak ulayat yang lahannya digunakan membangun kios dan Warung di pasar lama. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top