Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pedagang pasar lama Sentani tidak mau direlokasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Rencana Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura untuk merelokasi atau memindahkan pedagang di pasar lama Sentani ke pasar Pharaa atau pasar rakyat Doyo, sepertinya akan mendapat tentangan dari para pedagang di pasar tersebut. Mereka enggan meninggalkan pasar lama karena tempat itu adalah sumber nafkah mereka.

"Mau pindah kemana lagi. Ini sudah tempat yang setiap hari kami menjualan dan mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga," kata Yosina, pedagang sayur mayur di pasar lama Sentani, saat ditemui Jubi, Jumat (20/10/2017).

Pedagang pasar lama Sentani tidak mau direlokasi 1 i Papua

Yosina yang sudah tujuh tahun berjualan di pasar lama Sentani menjelaskan sejak dibangun pasar (baru) Pharaa dan banyak pedagang di pasar lama pindah kesana, dirinya dan beberapa rekannya memilih tetap tinggal meski kondisinya sangat jauh berbeda dengan pasar Pharaa.

"Kami tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah. Sampai sekarang kami tetap bayar retribusi tapi meja jualan kami buat sendiri. Sekarang pemerintah mau pindahkan kami ke pasar baru atau pasar Doyo, jelas kami sangat keberatan. Kalo pemerintah mau tata tempat ini, silakan. Kami mau tetap disini,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura, Denis Simbar, mengakui jika pihaknya sangat susah mengatur kawasan pasar lama karena sudah banyak kepentingan di pasar tersebut.

"Sekarang sudah ada lagi kios dan lapak-lapak baru yang dibangun di pinggir badan jalan. Ini jelas mengganggu arus lalu lintas di ruas jalan itu. Banyak orang sudah tidak mau masuk ke pasar lama karena kemacetannya. Sementara kami menunggu Bupati definitif dulu. Kami akan koordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk pemilik hak ulayat, untuk kembali menata pasar tersebut dengan memindahkan para pedagang ke dua pasar yang sudah selesai dibangun," ungkapnya.

Loading...
;

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) kabupaten Jayapura dalam waktu dekat akan memindahkan sejumlah pedagang di bekas pasar lama Sentani dan para pedagang di sepanjang jalan protokol di kota Sentani, ke pasar Pharaa dan pasar rakyat Doyo, yang memang dibangun untuk para pedagang tersebut. (*)  

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top