Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Aktivitas perdagangan di Pasar Dermaga Kampung Yahim. Kelurahan Dobonsolo - Jubi/Engelbert Wally.

Pedagang tagih solusi pembatasan sosial di Kabupaten Jayapura

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiPembatasan aktivitas umum berdampak besar terhadap perekonomian warga di Kabupaten Jayapura. Pendapatan para pelaku usaha semakin melorot karena kesempatan mereka untuk melariskan dagangan menjadi sangat terbatas.

Pembatasan aktivitas ditetapkan tanpa mempertimbangkan dampak ekonomi masyarakat. Pemerintah semestinya memberi solusi, bukan malah membuat masalah baru,” kata Marlind, pedagang di Dermaga Kampung Yahim, Kelurahan Dobonsolo, Jumat (2/10/2020).

Pemerintah Kabupaten Jayapura kembali menerapkan pembatasan aktivitas umum, termasuk perdagangan untuk mencegah penyebaran virus korona, penyebab Covid-19. Sebelumnya, mereka telah dua kali menerapkan kebijakan serupa. Berdasarkan kebijakan itu, seluruh aktivitas umum dibatasi, yakni dari pukul 06.00 hingga 17.00 Waktu Papua.

“Pembatasan aktivitas membuat pelaku usaha merasa tidak nyaman (merugi). Kesempatan untuk berjualan semakin sedikit (sempit) sehingga banyak barang tidak laku,” keluh Marind.

Berdasarkan pemantauan Jubi, pembatasan aktivitas umum kali ini berjalan cukup efektif.  Sebagian besar masyarakat menaati ketentuan tersebut.

Kota Sentani dan wilayah di sekitarnya terasa lengang sewaktu malam. Kondisi jalan raya dan pusat keramaian terpantau sepi. Para pedagang kaki lima pun telah berkemas dan siap untuk pulang sejak sore.

Warung makan yang buka mulai sore juga tutup. Mereka biasa melayani para pegawai kantoran yang pulang kemalaman sehingga tidak sempat berbelanja (dan memasak di rumah),” kata Ketua  Forum Kota Sentani Deniks Felle. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Scroll to Top