Loading...

TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Pegawai Disdukcapil Kota Jayapura jalani pengambilan swab untuk tes PCR

Pengambilan swab Covid-19 di Papua
Foto ilustrasi, Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura saat melakukan pengambilan swab. - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah 53 Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dispenduk Capil Pemerintah Kota Jayapura menjalani pengambilan swab untuk tes PCR Covid-19, Rabu (15/7/2020). Hal itu dilakukan untuk menapis kondisi kesehatan para pegawai, mengingat sudah ada tiga staf Dispendukcapil yang positif terinfeksi virus korona.

Dari pemantauan Jubi di Kantor Wali Kota Jayapura, satu demi satu pegawai Dispendukcapil mengantre untuk menjalani pengambilan swab. Swab lendir yang diambil dimasukkan ke dalam tabung khusus yang akan dikirimkan ke Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua di Kota Jayapura.

Anggota Kelompok Kerja Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, dr Melva DN Sirait memperkirakan hasil tes PCR atas swab para pegawai Dispendukcapil itu sudah dapat diketahui pekan ini. “Tergantung antrian di Litbangkes Papua. Biasanya, tiga atau empat hari, sudah keluar hasilnya, apakah negatif atau positif virus korona,” ujar Sirait.

Baca juga: Update 14 Juli: 3 pasien meninggal positif korona, 22 tenaga kesehatan juga terinfeksi  

Menurut Sirait, pengambilan swab para pegawai Dispendukcapil itu untuk menentukan ada tidaknya pegawai yang tertular virus korona. Sebelumnya, telah ada tiga pegawai Dispendukcapil yang positif terinfeksi virus korona, dan sempat berinteraksi di kantor.

“Semoga tidak ada lagi yang terinfeksi virus korona, agar [kami] bisa melakukan pelayanan dengan aman dan nyaman. Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan,” ujar Sirait.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Jayapura, Andi Rahmiwati, mengatakan pengambilan swab itu diikui 53 orang pegawai. “Pegawai yang lakukan swab ini sudah melakukan karantina di rumah sejak teman kami yang lain ada yang positif virus korona. [Mereka] tetap menjaga kesehatan, sambil menunggu kantor dibuka kembali sehingga bisa melayani masyarakat,” ujar Andi.

Andi menambahkan, Kantor Dispendukcapil Kota Jayapura ditutup selama satu minggu.  Menurutnya, kantor itu sedang dibenahi, antara lain dengan memasang pembatasan antara petugas dan pengunjung.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us