HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pejabat daerah ini laporkan hadiah ke unit pengendalian gratifikasi

Ilustrasi, pixabay.com

Dia mengaku  terpaksa menerima hadiah karena dipaksa oleh memberi kado

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Trenggalek, Jubi – Pelaksana tugas Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, melaporkan hadiah yang dia terima berupa dompet kulit salah satu merek ternama, ke Unit Pengendalian Gratifikasi setempat pada Senin (8/4/2019).

“Pelaporan ini sebagai bentuk ketaatan terhadap peraturan perundangan yang berlaku,” kata Nur Arifin, Selasa, (9/4/2019).

Baca juga : Tersangka suap bebas, Legislator: Penanganan kasus hanya sandiwara

Kasus suap kayu ilegal di Papua dihentikan di Jakarta

Ia menjelaskan pelaporan hadiah ke Unit Pengendalian Gratifikasi itu dilakukan pada Senin (8/4/2019), dibantu Kepala Inspektorat Trenggalek, Bambang Setiadji, saat melaporkan hadiah  untuk melengkapi persyaratan administratif untuk pelaporan gratifikasi ini.

Loading...
;

Arifin mengaku selama menjadi Wakil Bupati hampir tidak ada gratifikasi yang ia terima, hal itu karena kewenangannya terbatas. “Tetapi setelah menjadi Bupati ini, seperti saya ulang tahun ada yang mau memberikan kado,”  kata Arifin menjelaskan.

Dia mengaku  terpaksa menerima hadiah karena dipaksa oleh memberi kado. Padahal  sebelumnya ia memperingatkan agar usah memberi. “Tetapi ada juga yang tetap memberi sebagai bentuk penghormatan akhirnya saya terima juga,” katanya.

Kepala Inspekturat Kabupaten Trenggalek, Bambang Setiadji, menyatakan prosedur pelaporan gratifikasi ini diawali dari pelaporan dari penerima tidak hanya berlaku bagi pucuk pimpinan seperti bupati, namun bagi seluruh penyelenggara negara atas pemberian dari pihak lain yang dianggap ada unsur gratifikasinya.

“Pelaporan ini bisa dilakukan langsung kepada KPK atau melalui Unit Pengendali Gratifikasi. Dengan batasan-batasan tujuh hari setelah barang ini diterima dan 14 hari setelahnya UPG harus sudah menyampaikan ke KPK,”  kata Bambang. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top