Pekan depan, Dinsos lakukan perekaman massal e-KTP

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pekan depan, tepatnya 10 November 2018, Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua akan melakukan perekaman e-KTP di sejumlah kabupaten, di antaranya Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, dan Pegunungan Bintang.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk, mengatakan perekaman massal dilakukan untuk mempercepat peningkatan persentase jumlah perekaman yang sudah ditentukan pemerintah pusat. 

"Tiga tim dari Kementerian Dalam Negeri akan membantu kita melakukan perekaman, namun kami sifatnya hanya memfasilitasi Disdukcapil kabupaten agar percepatan perekaman bisa dilakukan," kata Ribka Haluk, kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (30/10/2018).

Disaat itu juga, ujar ia, pihaknya akan masuk ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman bagi pelajar usia 17 tahun. Dengan harapan, peningkatan perekaman di Papua secara keseluruhan mengalami peningkatan.

"Ini akan kami lakukan, seperti halnya yang dilakukan Disdukcapil Kota Jayapura yang mulai melakukan upaya perekaman terhadap murid-murid SMA/SMK di Kota Jayapura," ujarnya.

Dirinya akui, jika tidak ada suatu kekuatan yang dibangun antara pusat, provinsi, kabupaten dan kota maka perekaman e-KTP di Papua akan sulit. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dan berkomitmen dalam dua bulan sisa peningkatan akan terjadi terus menerus.

Loading...
;

"Kami prediksi capaian perekaman di Papua bisa tembus 50 atau 60 persen dalam dua bulan ke depan," kata Haluk.

Dia menambahkan sejauh ini dukungan dari Dirjen Dukcapil untuk Papua sangat besar, dengan harapan perekaman e-KTP di Papua bisa terselesaikan sesuai target.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, Zudah Arif Fakruloh, minta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di seluruh Papua lebih aktif dalam melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya sampai saat presentase masih sangat rendah, padahal dilakukan sejak 2011.

"Kami sarankan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jemput bola mendatangi distrik-distrik, kampung-kampung, gereja, sekolah, dan masjid untuk melakukan perekaman e-KTP,” kata Zudah. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top