HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pekan depan, pengungsi Kampung Yoboi kembali ke kampung

Kampung Yoboi saat terendam air Danau Sentani - Jubi/Engel Wally
Kampung Yoboi saat terendam air Danau Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Setelah satu bulan lebih mengungsi di Kampung Kehiran Distrik Sentani, ratusan warga Kampung Adat Yoboi dipastikan akan kembali ke kampung dan rumah mereka.

Kepala Kampung Adat Yoboi, Zefanya Wally, mengatakan pada 16 Mei 2019 atau pekan depan,  semua warganya dipastikan akan meninggalkan Kampung Kehiran.

Menurutnya, kepulangan ratusan warganya ini tentu dengan sejumlah kegiatan yang harus dibenahi, antara lain perbaikan rumah-rumah yang rusak parah akibat terendam air sebulan lamanya.

“Fasilitas umum dan jembatan di kampung dalam kondisi yang rusak parah. Kami sudah siap anggaran Rp300 juta dari Alokasi Dana Kampung untuk memperbaiki rumah dan fasilitas umum, sehingga masyarakat juga dapat tinggal dengan nyaman,” ujar Zefanya, saat ditemui di Sentani, Kamis (9/5/2019).

Sementara itu, Viktor Tokoro, seorang warga Kampung Adat Yoboi, mengatakan kondisi air di kampungnya sudah turun drastis dan permukaan lantai rumah serta jembatan penyeberangan sudah terlihat dan bisa digunakan kembali.

Kendati demikian, banyak rumah yang papan dan tiangnya rusak dan hilang akibat terendam dan terbawa arus air danau.

Loading...
;

“Setelah kembali ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, baik rumah sendiri maupun fasilitas umum seperti jembatan, sekolah, dan kantor kampung. Selama tinggal di pengungsian anak-anak juga tidak ke sekolah karena sekolah mereka juga terendam ir danau,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa