Pekan depan, rumah dan ruko terdampak kerusuhan mulai dibangun

Pekan depan,  rumah dan  ruko terdampak kerusuhan mulai dibangun 1 i Papua
Bupati Jayawijaya ketika mendampingi presiden bersama gubernur Papua dan wakil menteri PUPR usai meninjau pasar Wouma, Senin (28/10/2019)-Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan pembangunan kembali sejumlah infrastruktur seperti rumah warga, pertokoan yang terkena dampak kerusuhan 23 September 2019 akan segera digenjot.

“Dari menteri PUPR untuk perumahan sudah ada 200 unit rumah yang minggu depan mulai dibangun,” kata Banua kepada wartawan di Wamena, Selasa (29/10/2019).

Selain rumah warga, ada juga sekitar 200-an unit pertokoan yang segera dibangun hingga rumah warga yang rusak terkena lemparan batu akan tetap mendapat bantuan.

“200 unit rumah yang direhab ditambah pembangunan pasar dan Ruko, ini yang ditargetkan akhir tahun ini selesai dibangun,” katanya.

Kriteria bagi rumah warga yang mendapat bantuan telah didata oleh kementerian PUPR secara langsung, juga oleh Dinas PU dan perumahan rakyat Jayawijaya.

“Semuanya sudah ada data, baik itu terbakar maupun yang rusak akibat lemparan batu mendapat hak untuk menerima bantuan,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu wakil menteri PUPR, Wempi Wetipo sehari sebelum kunjungan presiden ke Wamena menyebutkan, target seluruh rehabilitasi dan rekontruksi bangunan yang terkena dampak akan selesai di Mei 2020.

Kata Wetipo, ada sekitar 400 unit lebih ruko dan 183 rumah warga yang akan dibangun dan ditargetkan selesai Mei tahun depan, karena butuh waktu mengerjakan ini.

Kementerian PUPR, katanya masih menunggu penandatanganan inpres perecepatan, rehablitasi dan rekontruksi Papua dan Papua Barat oleh presiden .

“Pemerintah berkewajiban membangun infrastruktur untuk dinikmati rakyat, jadi secepatnya akan dibangun kembali,” kata Wetipo. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top