Follow our news chanel

Previous
Next

Pekan ini Papua dan Papua Barat bakal diguyur banyak hujan

Foto ilustrasi, genangan air hujan. - pixabay.com
Pekan ini Papua dan Papua Barat bakal diguyur banyak hujan 1 i Papua
Foto ilustrasi, genangan air hujan. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Senin – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan akan mengguyur Papua dan Papua Barat dalam sepekan mendatang. Perkiraan itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Mulyono R Prabowo dalam siaran pers tertulis di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Mulyono menyatakan hasil analisis dinamika atmosfer memperlihatkan adanya gugusan uap air, atau Madden-Julian Oscillation (MJO) yang berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. “Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan,” kata Mulyono.

Ia menyebut MJO di bagian tengah dan timur Indonesia itu mendukung peningkatan konsentrasi curah hujan. Selain itu, fenomena gelombang tropis Kelvin Wave dan Rossby Ekuatorial juga berkontribusi signifikan terhadap pembentukan pola siklonik dan pertemuan angin yang akan menumbuhkan awan hujan di Sumatera dan Kalimantan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di Papua dan Papua Barat pada periode 12-14 Januari 2020. Kondisi cuaca serupa juga akan terjadi di di Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Cuaca yang lebih ekstrem dapat terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung. Pada periode 12-14 Januari 2020, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat beserta petir dan angin kencang akan terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Selanjutnya, pada periode 15-18 Januari 2020 hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga dapat terjadi di Papua Barat dan juga Papua. Hujan dengan intensitas serupa juga diperkirakan akan terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten dan DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku

Loading...
;

BMKG memperkirakan dalam sepekan mendatang perairan Papua tidak akan mengalami gelombang tinggi. Gelombang tinggi, dengan ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter diperkirakan akan terjadi di perairan Jawa Tengah hingga Pulau Sumba, Laut Sawu, Perairan selatan Pulau Sawu, Pulau Rote, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Laut Natuna Utara.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top