Follow our news chanel

Previous
Next

Pelabuhan Makassar dipadati penumpang arus mudik Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi kapal penumpang di pelabuhan. -Tempo.co
Pelabuhan Makassar dipadati penumpang arus mudik Natal dan Tahun Baru 1 i Papua
Ilustrasi kapal penumpang di pelabuhan. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Memasuki puncak libur panjang arus mudik Natal dan Tahun Baru priode 2019-2020, Pelabuhan Makassar eks Sukarno-Hatta, Sulawesi Selatan, dipadati ribuan pemudik yang ingin merayakan Natal bersama keluarga di kampung halamannya.

“Untuk kesiapan Natal dan Tahun Baru kami siapkan 14 kapal dengan rute wilayah Timur, Tengah, Utara dan Selatan serta Barat,” sebut Kepala Cabang PT. Pelni Makassar, Ridwan Mandaliko di Makassar, Rabu (25/12/2019).

Ia mengatakan, Pelni jauh sebelumnya mempersipkan armada untuk digunakan pada arus mudik liburan tahun ini. Hal itu bertujuan untuk mendukung pemberangkatan pengguna jasa moda transportasi laut, ke daerah asal penumpang yang menikmati libur Natal dan Tahun Baru.

Sedangkan puncak arus mudik libur, tambah dia, hingga malam tadi tercatat 4.951 penumpang yang berangkat ke daerah tujuan menggunakan dua kapal berbeda.

Kapal tersebut masing-masing KM Dobon Solo dari Papua dan Bau-Bau tujuan Pelabuhan Makassar. Jumlah penumpang yang turun sebanyak 1.208 ribu.

Selanjutnya, transit untuk tujuan Surabaya, Jawa Timur mengangkut penumpang sebanyak 875 orang penumpang.

Loading...
;

Sementara untuk KM Sinabung dengan rute yang sama dari Papua dan Bau-Bau tujuan Makassar yang tiba di Pelabuhan Makassar hampir bersamaan dengan KM Dobon Solo, menurunkan penumpang sebanyak 1.848 ribu.

Sedangkan penumpang yang naik di Pelabuhan Makassar tujuan Surabaya, tercatat sebanyak 1.200.

Dengan meningkatnya arus penumpang di Pelabuhan Makassar, lanjut dia, itu berarti sudah memasuki kategori puncak musim libur Natal tahun ini.

“Untuk puncak arus penumpang libur Tahun Baru 2020 diperkirakan terjadi pada 28 dan 29 Desember 2019. Arus penumpang biasanya datang dari wilayah barat tujuan Papua, begitu pun sebaliknya. Dan dari Nusa Tenggara Timur atau NTT tujuan Makassar begitu pun sebaliknya,” tambah Ridwan. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top