Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelajar dan mahasiswa kunjungi Situs Megalitikum Tutari

Salah satu artefak di Situs Megalitikum Tutari. Kondisinya tidak terawat – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Rombongan pelajar dan mahasiswa mengunjungi Situs Megalitikum Tutari di Kampung Doyo Lama, Kabupaten Jayapura. Kunjungan berlangsung selama dua hari, dan diikuti 250 pelajar sekolah dasar hingga perguruan tinggi di Kota maupun Kabupaten Jayapura.

“Tujuannya agar anak-anak (pelajar dan mahasiswa) mengenali peninggalan bersejarah Papua. Kami sebagai peneliti berharap perlindungan terhadap situs bersejarah ini lebih diperhatikan,” kata Ketua Panitia Rumah Peradaban Ari Suroto, Rabu (20/11/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo mengakui keberadaan situs kurang dikenal luas dan kondisinya tidak terawat dengan baik. Situs Megalitikum Tutari padahal menjadi salah satu bukti perkembangan peradaban masa lampau nenek moyang Orang Asli Papua.

“Situs ini peninggalan luar biasa (berharga) dari peradaban hebat di masa lampau. Keberadaannya selama ini dibiarkan begitu saja, seakan tidak bertuan (tak terurus),” kata Joko.

Menurut Joko, Situs Tutari berpotensi dikembangkan sebagai lokasi wisata sejarah dan edukasi. Dia meyakini banyak wisatawan tertarik berkunjung apabila komplek tugu dan bangunan bebatuan tersebut ditata serta dikelola dengan baik.

“Situs seharusnya dirawat dengan baik sehingga bisa memberdayakan dan mendatangkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kampung Doyo Lama. Mereka bisa dilatih menjadi guide (pemandu wisata),” jelas Joko. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top