Follow our news chanel

Pelajar dari Samoa ikut kompetisi robotika

Victoria Amosa mengangkat cangkir ‘ava. - Samoa Observer/ Areta Areta
Pelajar dari Samoa ikut kompetisi robotika 1 i Papua
Victoria Amosa mengangkat cangkir ‘ava. – Samoa Observer/ Areta Areta

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Sekolah Menengah Atas Robert Louis Stevenson di Apia, merayakan pencapaian tim robotika mereka yang baru saja kembali dari Dubai. Upacara ‘ava diadakan pada Rabu (30/10/2019) untuk menyambut mereka kembali.

Kelima siswa itu memenangkan medali emas sebagai tim yang paling berani, dari 193 tim yang berpartisipasi dalam kompetisi global tersebut. Samoa mencapai peringkat ke-26, dua tempat di bawah Australia pada 24 Oktober lalu.

Kapten tim itu, Marion Fruean, mengungkapkan pencapaian itu sangat berarti bagi mereka secara pribadi, karena bukan hanya membuat negara mereka bangga, mereka juga membanggakan orang tua mereka.

“Apalagi dengan kenyataan bahwa kita datang dari negara yang sangat kecil,” katanya.

“Tidak ada yang mengenal kita selama kompetisi itu, dan bagi kita, untuk bisa mengalahkan banyak negara maju dan memenangkan emas untuk pencapaian ini, itu adalah perasaan yang luar biasa.”

“Awalnya kita meragukan robot kita karena setiap negara maju memiliki robot yang lebih besar dan canggih, ini sedikit membuat kita minder,” tutur Fruean.

Loading...
;

“Tapi itu tidak berarti kita menyerah begitu saja. Meskipun robot kita sangat sederhana, kita mampu mengalahkan beberapa negara paling maju. Kita belajar bahwa ukuran robot itu tidak penting, yang penting itu tekad dan ambisi tim untuk menang.”

Guru mereka, Masa Fa’asau, berkata Samoa memiliki potensi di bidang robotika dan pencapaian kelompok siswa itu, telah membuktikan hal ini. (Samoa Observer)


Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top