Pelaksanaan Festival Ndambu Habiskan Anggaran Rp 3 Miliar

budaya
Salah seorang anggota panitia Ndambu, Domin Ulukyanan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pelaksanaan Festival Ndambu Kimaam yang akan berlangsung selama tiga hari sejak 20 – 23 Agustus 2015, menghabiskan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Pelaksanaan pesta tahunan masyarakat asli Papua di Pulau Terapung Kimaan itu meliputi Distrik Kimaam, Waan, Tabonji dan Ilwayab.

Salah seorang Panitia Festival Ndambu, Dominikus Ulukyanan saat ditemui Jubi Rabu (13/8/2015) mengatakan, berbagai persiapan sedang dilakukan panitia, termasuk penjemputan masyarakat dari kampung-kampung dengan menggunakan kapal.

“Kita sudah mempersiapkan 17 kapal yang nantinya akan menjemput masyarakat dari kampung-kampung di empat distrik itu. Rencananya, tanggal 17 Agustus penjemputan dengan kapal-kapal sudah dilakukan. Karena pembukaan kegiatatan Festival Ndambu dilangsungkan 20 Agustus 2015,” ujarnya.

Dalam pelaksaan festival dimaksud, demikian Domin, berbagai acara dijalankan mulai dari perlombaan pameran hasil bumi seperti petatas terbesar, kumbili, tebu, wati serta beberapa jenis tanaman pertanian lainnya.

Juga, lanjut Domin, perlombaan dayung perahu satu kaki, gulat bob, anyam rambut serta atraksi lain. “Memang masih ada beberapa mata acara lain yang akan dilaksanakan selama tiga hari hingga tanggal 23 Agustus 2015,” ujarnya.

Ditanya bagaimana dengan tempat tinggal bagi masyarakat dari kampung-kampung, Domin mengaku, pihaknya telah melakukan komunikasi dan koordinasi bersama TNI untuk persiapan tenda. Jadi, nantinya TNI yang mengurus. Sehingga tidak ada persoalan.

Hal serupa disampaikan anggota panitia lain, Elias Mite. Menurut dia, panitia telah berkomitmen untuk melaksanakan ajang Festival Ndambu dengan sebaik mungkin. Secara umum, masyarakat dari kampung-kampung siap mengikuti festival dimaksud. Dan, semua hasil alam mereka akan mereka bawa. (Frans L Kobun)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top