Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pelayanan kesehatan di Korowai diharapkan jadi prioritas

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Danowage, Jubi – Pelayanan kesehatan di Kampung Ayak, Distrik Kolofbrasa, Kabupaten Asmat, tidak pernah diperhatikan pemerintah daerah, kendati sudah ada kepala kampung.

Hal tersebut disampaikan penginjil Gereja Reformasi Papua (GJRP) Kampung Ayak, Saul Wisal, ketika tim dari Gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan Komunitas Pelayanan Kemanusiaan Daerah Terpencil (Kopkedat) Papua, melakukan pelayanan kesehatan di kampung tersebut, Kamis (19/10/2017). 

Pelayanan kesehatan di Korowai diharapkan jadi prioritas 1 i Papua

Ia mengatakan pemerintah Kabupaten Asmat, tidak pernah berkunjung untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Ayak.

"Kalaupun ada, pelayanannya hanya batas Kampung Mabul. Yang ada itu pengobatan yang dilakukan gereja," kata penginjil suku Unaukam ini.

Lanjutnya, ketika ada orang sakit parah dan butuh berobat, mereka harus membawanya ke Dekai menggunakan sampan melewati jalur sungai, selain itu ada pula yang berjalan kaki.

"Kalau pakai perahu katinting, berangkat pukul 6 pagi sampai di Dekai pukul 3 atau 4 sore. Sementara jalan kaki, bisa semalaman, dan itu pun harus istirahat tidur, kemudian lanjut lagi ke Dekai. Jika ke Yahukimo terlalu jauh," katanya.

Loading...
;

Salah satu warga Kampung Butukmahkot, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Yohanes Bongkatun, mengatakan hal yang sama. Pelayanan kesehatan dan pendidikan tidak diperhatikan di wilayahnya.

"Ada obat yang dikirim ke Burukmahkot tapi tidak ada petugas yang melayani. Sehingga tidak digunakan, malah ada yang dibuang begitu saja," katanya.  (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top