Follow our news chanel

Previous
Next

Pelepasan tanah Lokalisasi Yobar ditandai dengan penikaman seekor babi

Pelepasan tanah ulayat Linus Samkakai kepada pengelola di Lokalisasi Yobar. – Jubi/Frans L Kobun
Pelepasan tanah Lokalisasi Yobar ditandai dengan penikaman seekor babi 1 i Papua
Ritual pelepasan tanah ulayat Linus Samkakai kepada pengelola di Lokalisasi Yobar. – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pemilik tanah ulayat Lokalisasi Yobar di Kabupaten Merauke, Linus Samkakai secara resmi melepaskan hak tanah ulayatnya kepada pengelola di lokalisasi tersebut. Penyerahan tanah itu ditandai dengan penikaman seekor babi yang disaksikan puluhan orang. Pengelola lokalisasi juga menyerahkan uang tali asih kepada pemilik tanah.

Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Marind, Hendrikus Hengky Ndiken kepada sejumlah wartawan Selasa (10/3/2020) mengatakan penikaman babi itu merupakan bentuk ritual pelepasan tanah. Ndiken menyatakan ritual itu sesuai dengan adat Marind.

“Dengan ritual adat yang dilakukan, maka tanah dimaksud sepenuhnya menjadi milik pengelola Lokalisasi Yobar. Sehingga tak boleh ada siapapun yang mengganggu di kemudian hari. Karena proses ritual juga berjalan sangat sakral,” kata Ndiken.

Menurut Ndiken, ukuran tanah yang beralih kepemilikannya kepada pengelola Lokalisasi Yobar itu adalah lokasi yang saat ini telah menjadi tempat berdirinya 18 barak dalam area lokalisasi. Ndiken menyatakan saat ini administrasi surat dan dokumen kepemilikan tanah sedang dibuat, dan akan ditandatangani bersama-sama oleh para pihak dalam pengalihan tanah itu.

Ketua RT Yobar, Mathias (48) menyatakan pihaknya berterimakasih karena telah adanya penyelesaian pembayaran tanah tersebut. Dengan demikian, tak akan ada pemalangan lagi di Lokalisasi Yobar.

Mathias menyatakan sertifikat kepemilikan tanah itu harus diurus. Ia mengakui ada kendala dalam pengurusan sertifikat tanah tersebut, namun hal itu tengah diselesaikan. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top