Follow our news chanel

Previous
Next

Peluang melengkapi persyaratan sudah tertutup bagi calon perseorangan

Papua
Ilustrasi penghitungan suara pilkada di Papua. - dok. Jubi
Peluang melengkapi persyaratan sudah tertutup bagi calon perseorangan 1 i Papua
Ilustrasi penghitungan suara pilkada di Papua – dok. Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum Merauke Maria Theresia Mahuze menegaskan peluang bagi Christian Tarigan Gebze dan Suyoto sudah tertutup. Mereka tidak mungkin lagi memperbaiki persyaratan dukungan sebagai calon perseorangan di Pilkada Merauke.

“Mereka menyerahkan dokumen dukungan pada hari terakhir atau sejam sebelum penutupan. Bagaimana (mungkin) mereka dapat melakukan perbaikannya lagi,” tegas Mahuze, Sabtu (29/2/2020).

Penegasan tersebut disampaikan Mahuze untuk menghindari kesimpang-siuran informasi mengenai kepastian pencalonan Christian-Suyoto. Dia memastikan pasangan calon perseorangan tersebut tidak memenuhi persyaratan.

“Kami tidak bisa meminta mereka melakukan perbaikan (berkas persyaratan dukungan). Seandainya dokumen itu diserahkan sebelum tanggal 23 Februari (batas akhir penyerahan), mungkin mereka masih berkesempatan memperbaikinya,” jelas Mahuze.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke menggugurkan pencalonan Christian-Suyoto setelah dinyatakan gagal memenuhi syarat dukungan minimal masyarakat. Chirstian-Suyoto semula mengklaim mengantongi sebanyak 15.350 dukungan dan tersebar di 20 distrik di Merauke.

Setelah diverifikasi KPU Merauke, dukungan itu menyusut menjadi 14.801 karena ada 548 yang tidak sah. Mereka pun akhirnya dinyatakan gagal memenuhi ketentuan dukungan minimal 10% dari 148.526 pemilih tetap pada Pemilu 2019 di Merauke.

Loading...
;

Sementara itu, Polri telah memetakan empat indikator dalam indeks potensi kerawanan Pilkada 2020. Mereka akan membentuk Satuan Tugas Nusantara untuk mengantisipasi kerawanan tersebut.

“Pembentukan Satgas Nusantara bertujuan mencairkan suasana agar tidak ada pertikaian antarmasyarakat. Kami juga mengajak masyarakat mewujudkan pilkada yang aman dan tertib,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono melalui keterangan tertulis yang dikutip Antara, Minggu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top