Follow our news chanel

Pembangunan gedung di Papua harus tahan gempa

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua minta kabupaten dan kota, ke depan, dalam melakukan pembangunan harus mengedepankan konsep tahan gempa, mengingat provinsi paling timur di Indonesia ini merupakan salah satu wilayah rawan gempa. 

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKP2) Provinsi Papua, Daud Ngabalin, mengatakan Papua sudah harus memperhatikan grand design bangunan yang ada di setiap daerah, baik perumahan maupun perkantoran.

"Seluruh dinas kawasan permukiman kabupaten/kota harus melakukan pengawasan ketat baik kepada pelaku usaha maupun pelaku bisnis," kata Daud, kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (24/10/2018).

Selain tahan gempa, ujar ia, pembangunan rumah atapun gedung juga harus mentaati aturan. Khususnya pembangunan perumahan di bantaran aliran sungai, yang mana harus menggunakan konstruksi tahan pancang dan cakar ayam yang baik.

"Jadi tidak sekedar membangun, jangan sampai seperti Palu dan Donggala, sebab kita masuk dalam kawasan zona 13 atau zona merah," ujarnya.

Dia menambahkan masyarakat ataupun pelaku bisnis harus benar-benar tahu aturan setiap ingin melakukan pembangunan bangunan, salah satunya dengan menerapkan konstruksi tahan gempa karena wilayah Indonesia rentan gempa. 

Loading...
;

"Untuk itu, saya mengajak semua pihak untuk konsisten sehingga pembangunan gedung maupun rumah sebelum dibangun harus dikoordinasikan dengan baik, tidak sekedar hanya membangun dengan memenuhi persyaratan layak huni, tapi juga ada aturan-aturan yang harus bisa diikuti dan ditaati," kata Daud Ngabalin.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, minta semua pihak harus konsisten untuk mengkoordinasikan semua rumah atau bangunan yang dibangun, baik pihak swasta ataupun oleh pemerintah.

"Ini perlu dilakukan sehingga pembangunan rumah ataupun gedung yang akan dibangun harus dikoordinasikan dengan baik, terutama soal konstruksi, mengingat Papua merupakan provinsi rawan gempa," kata Hery.

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top