Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pembangunan jalan buka peluang bisnis bagi masyarakat

Lokasi bekas hutan sagu terbakar di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura – Jubi /Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Mathius Awoitauw mengklaim proyek pembangunan jalan di sekitar dusun sagu tidak memiliki masalah. Sudah ada kesepakatan bersama dengan para pemilik ulayat dan tetua adat setempat sebelum proyek itu mulai dikerjakan.

“Dari Telaga Ria sampai Yabaso, pemerintah sudah membayar ganti rugi tanaman (masyarakat setempat). Memang ada (kawasan) yang dikorbankan (untuk pembangunan jalan), tetapi tidak terlalu besar nilainya (dampaknya bagi lingkungan dan sosial),” kata Awoitauw, Senin ( 24/2/2020).

Menurutnya, pemerintah selalu berupaya meminimalisasi dampak lingkungan akibat pembangunan jalan maupun infrastruktur lain. Salah satunya ialah penanaman kembali sagu di lokasi cadangan atau pengganti. “Sesuai Perda Perlindungan Hutan Sagu, pemerintah akan menanami kembali sagu (pengganti di lokasi lain).”

Bupati Awoitauw mengatakan pemerintah sebetulnya sedang mengajak masyarakat untuk berorientasi bisnis. Nilai aset mereka dipastikan meningkat setelah dibangunnya jalan alternatif sebagai pendukung kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, tersebut.

“Ketika ada jalan di pinggiran danau atau di dekat dusun sagu, nilai (harga) tanah di sana sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan (tanah tersebut) untuk berbisnis, tetapi jangan sampai dijual,” jelasnya.

Sejumlah kalangan, terutama pegiat lingkungan sebelumnya mengecam pembangunan jalan yang mengusur hutan sagu di Kabupaten Jayapura. Koordinator Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Papua Ais Rumbekwan adalah salah satu aktivis yang menentang pembangunan tersebut.

Loading...
;

Rumbekwan menilai pengusuran hutan sagu untuk kepentingan PON 2020 merupakan kebijakan yang keliru. Pendapat Rumbekwan senada dengan Legislator Papua Edoardus Kaize. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top