Follow our news chanel

Previous
Next

Pembiaran pesta pernikahan sebabkan penularan Covid-19 di Sumbar tinggi

Papua pandemi Covid
Ilustrasi, pandemi Covid-19 di Papua – Jubi/Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pembiaran pesta pernikahan di zona merah wilayah Sumatera Barat dinilai menimbulkan penularan Covid-19 semkain tinggi. Sejumlah daerah masih mengizinkan pelaksanaan keramaian seperti pesta perkawinan tersebut, salah satunya Kota Padang.

“Seharusnya kegiatan keramaian seperti pesta perkawinan dilarang dulu untuk daerah zona merah Covid-19 karena potensi penyebaran virus di situ sangat tinggi,” kata Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Unand, DR dr Andani Eka Putra, Minggu, (11/10/2020)

Baca juga : DKI Jakarta ancam tindak warga gelar pesta pernikahan

Asrama militer di Solo jadi klaster baru penularan Covid-19

Penularan Covid-19 dikhawatirkan melonjak pasca demontrasi omnibus law

Andani menilai perlu ketegasan dari pemerintah daerah untuk melarang kegiatan keramaian itu sementara waktu hingga kondisi stabil kembali.

Loading...
;

Selain faktor itu, masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan hingga tidak menggunakan masker di luar rumah, kedatangan orang dari luar provinsi yang tidak bisa dicegah dan belum maksimalnya pengendalian pasien positif yang melakukan isolasi mandiri juga menjadi faktor pendukung tingginya penyebaran.

Sebelumnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar mengumumkan pada Minggu (11/10) terdapat 341 kasus baru. Jumlah tersebut merupakan kasus positif harian tertinggi harian usai sebelumnya sebanyak 295 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan kasus itu tersebar di semua kabupatenkota di provinsi tersebut, di Padang tertinggi 229 kasus, Kota Solok 9 kasus, Pariaman 3 kasus, Padang Panjang 7 kasus, dan Payakumbuh 2 kasus. Selain itu tersebar sejumlah daerah lain sperti Bukittinggi, Mentawai, Padang Pariaman hingga Limapuluh Kota. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top