Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pembinaan usia dini, ini saran para mantan pesepakbola di Jayapura

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pembinaan usia dini bagi anak-anak di Kabupaten Jayapura secara khusus olahraga sepak bola terus dilakukan oleh pemerintah melalui instansi teknis serta para pelaku sepak bola di daerah ini.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menegaskan dalam pembinaan anak usia dini lebih penting daripada menyiapkan sebuah tim sepak bola profesional.

Pembinaan usia dini, ini saran para mantan pesepakbola di Jayapura 1 i Papua

“Lebih baik kita siapkan mereka dari usia dini dan nantinya siap dipakai oleh tim-tim profesional di tanah air. Sebuah keuntungan besar bagi anak itu sendiri,” ujar Bupati Awoitauw, di Sentani. Sabtu (1/9/2018).

Hal senada juga disepakati oleh para pelaku sepak bola di Kabupaten Jayapura. Ronal Pangkali, Bertho Monim, Agus Ferre, Raymond Sokoy, Elimelek Yotha, dan Lukas Rumkabu, para mantan punggawa Persidafon Jayapura.

“Bupati saja bisa berpendapat seperti itu, padahal Beliau bukan seorang mantan pemain. Hal ini yang harus disambut dan didukung penuh,” kata Ronald Pangkali.

Menurut Pangkali, yang pernah juga memperkuat tim Mutiara Hitam Persipura Jayapura di era 2000-an, pembinaan usia dini dimulai sejak usia 10, 12, 14, 16, dan 17 tahun.

Loading...
;

“Memasuki usia 18-21 adalah masa prestasi bagi seorang atlit sepak bola bersama tim dimana pemain tersebut bermain. Oleh sebab itu pembinaan sejak dini sangat penting sekali,” katanya.

Pemain lainnya, Bertho Monim, menambahkan pembinaan usia dini di zaman sekarang sudah bukan lagi menggunakan cara-cara yang konvensional. Paling tidak ada kurikulum yang diterapkan dalam dunia pendidikan.

“Untuk mengarah ke arah profesional dalam sisitem pembinaan memang tidak mudah, butuh kesabaran tetapi juga dukungan finasial serta fasilitas yang mumpuni. Dengan demikian, proses pembinaan ini akan berjalan berkesinambungan,” pungkasnya. (*)  

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top